Pawai Hari Lingkungan Hidup

STOP! polusi di CEKUNGAN Kota Bandung!
Sahabat, Hari Lingkungan Hidup se-Dunia jatuh pada tanggal 5 Juni, yaitu Jum’at lalu. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup ini, Koalisi Masyarakat Peduli Udara Bersih melakukan Pawai Hari Lingkungan Hidup dengan tema besar “Udara Bersih” pada hari Sabtu, 6 Juni 2009.

Pada semester akhir 2008, BPK mencatat kerugian dalam bidang kesehatan mencapai 12,7 Milyar, disebabkan oleh polusi udara.

Mr. Rahmat JabariL.
Rahmat Jabaril dari WALHI menyatakan keprihatinannya atas kadar timbal di kota Bandung yang lebih banyak dibandingkan dengan kota Jakarta yang dikenal sebagai kota metropolitan.

Baru 8% area dari kebutuhan 30% yang seharusnya, yaitu 30% filter polusi udara di Kota Bandung yang direalisasi oleh Pemerintah.

Selain mengharapkan agar pemerintah dapat segera membentuk ruang hijau terbuka sebesar 30% dari keseluruhan luas Kota Bandung, Rahmat Jabaril juga menantang masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Pemerintah kan sudah menyediakan kendaraan umum, coba nih, masyarakat mau tidak memanfaatkannya. Jangan membunuh diri sendiri karena terlena oleh kekayaan. Kita harus memikirkan anak cucu kita, kehidupan generasi selanjutnya akan ketersediaan udara bersih. Banyaknya kendaraan umum ditambah penggunaan kendaraan pribadi akan meningkatkan jumlah polusi udara”.

.

“Anak-anak yang bersekolah di Jalan Merdeka contohnya, mereka akan menghirup timbal yang terkandung dalam udara, dan timbal tersebut akan mengendap di tubuh anak-anak, ini sangat berbahaya”, ungkap aktivis lingkungan ini, lagi.

Aksi damai yang berlangsung dari pukul 9.00-12.00 ini merupakan bentuk kepedulian beberapa LSM dan mahasiswa atas ketersediaan udara bersih di Kota Bandung.

Setelah dibuka di Babakan Siliwangi, LSM-LSM yang terdiri atas WALHI, Komunitas Taboo, Gerbong Bawah Tanah, Komunitas Gereja beserta KAMMI dan PMB (Perhimpunan Mahasiswa Bandung) berjalan kaki menuju BIP melewati jalan raya.

Aksi yang juga diikuti oleh mahasiswa ITB yang terhimpun dalam KM-ITB, HMTL, IMAG, perwakilan HIMATIKA, Ganesa Hijau, dan U-Green ini menampilkan berbagai spanduk, poster dan media kampanye unik lainnya.

Tak ketinggalan, masyarakat pun diminta untuk memberikan dukungan terhadap pelestarian lingkungan hidup di Kota Bandung di sebentang kain putih yang digelar selama orasi di Babakan Siliwangi dan Bandung Indah Plaza.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s