ASEAN UNIVERSITIES STUDENT CONFERENCE

ASEAN UNIVERSITIES STUDENT CONFERENCE

Pagi, 21 Mei 2009, mobil, bis, taxi, sepeda motor dan kendaraan lainnya berderu di depan Gedung Merdeka, gedung bersejarah yang mengabadikan konferensi Asia Afrika yang dilaksanakan pada masa pemerintahan Ali Sastro Amijoyo ke-2, yang didalamnya menghasilkan solidaritas di Negara-negara di Asia Afrika.

Di pintu masuk gedung bersejarah ini, para protokol berseragam biru sudang memajang diri dengan sigap dan rapi, mereka adalah protokoler UPI. Hari ini, di Gedung Asia Afrika tengah berlangsung Konferensi Mahasiswa Se-ASEAN yang diikuti oleh 180 peserta yang berasal dari 10 negara di ASEAN, dari tanggal 20-23 Mei 2009.

Acara dibuka secara resmi oleh Pak Adhyaksa Dault dan Pak Ahmad Heryawan, dengan menggoyangkan angklung.ASEAN UNIVERSITIES STUDENT CONFERENCE ini dibuka secara resmi oleh bapak Adhayksa Dault selaku Mentri Pemuda dan Olahraga dan bapak Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat, dengan menggetarkan angklung secara bersamaan, pada Rabu malam, 20 mei 2009. Tari merak, tari Saman, tarian rakyat Kuda Lumping dan permainan angklung menjadi sajian hangat di opening ini.

Ini adalah kedua kalinya, Ai mengunjungi Gedung Merdeka yang di sepanjang tembok depan ruangan bertengger bendera-bendera dari berbagai negara. Terdapat gong raksasa berwarna keemasan dan di langit-langit terdapat foto Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, juga burung garuda.

Ada yang cukup unik dari toilet di Gedung ini, cukup glamorous, dan di lorong menuju toilet, Ai bertemu dengan seorang security yang bernama Pak Yayan. Ai yang berseragam merah radio Antassalam ini dimintai nama Siar dan jadwal siaran. Cieh! Fans gua yg pertama nih!.

“Abi siarana unggal dinten Ahad, Pak. Ti tabuh 6 nepi ka 9 enjing, dangunkeun-nya, Pak. Nuhun”, ucapku dengan bahasa Sunda yang dibisa-bisakan, Alhamdulillah, bapaknya tidak menangkap bahwa bahasa Sundaku levelnya masih amatir. Heu..

Hari ini, 21 Mei 2009, acara dimulai dari pukul 8.30, diawali dengan games yg dipandu oleh seorang wanita, bernama Fathiyyah Maryufani Basyari dari Purna Caraka Muda Indonesia.

Dan ada sapaan khusus yang dipandu oleh Kang Zahir, MC acara, untuk para peserta, yaitu, “Hai, Hallo!”.
Dan peserta akan menjawab dengan, “Hallo, Hai!”.

Serangkaian acara yang akan diikuti oleh peserta Konferensi pada hari ini ada 2, yaitu : Country Presentation, dari pukul 08.30-11.30 dan Plenary Session, pukul 13.30-15.30.

Setelah warming up dirasa cukup, peserta pun segera mengambil posisi masing-masing untuk mempresentasikan Kebudayaan dari Negara masing-masing.

Presentasi pertama diawali oleh Brunei Darussalam, yang membawakan presentasi adalah seorang gadis manis, berkerudung hijau, dengan pakaian khas adat melayu, bernama Khairunissa dari Universiti Brunei Darussalam, disambung dengan presentasi kedua dari Negara Cambodia, and there’s Pissey! He is ITB student, Pissey mengatakan bahwa, yang hadir di konferensi ini dari Cambodia, adalah mahasiswa Cambodia yang berkuliah di Indonesia. Presentasi dari Cambodia menggunakan a short film.

Berikutnya, adalah a great well prepared presentation from Indonesia, its cool! The speaker is Muhammad Assad.

Sementara Laos memulai perkenalan Negaranya dengan menampilkan 3 orang wanita menari dengan baju adat berwarna hijau.

And the last performance is from Malaysia that perform the Banana dance.
Jasmine is leading the game!

Setelah itu, ada coffee break yang bertempat di sayap kiri gedung Merdeka, dimana peserta menikmati cemilan dan menyeruput teh, kopi, atau hanya segelas mineral water.

Nah sat coffee break ini, Ai menyempatkan diri ngobrol dengan seorang perserta dari Thailand, namanya Vorapat Veerapattanakup [waduh! Manggilnya gimana, nih?], “Just call me, Tong!”, ucapnya. Alhamdulillah, bereslah sudah urusan lidah.

1 jam waktu coffee break berlalu, negara-negara yang presentasi di sesi ke-2 adalah Myanmar, Philiphine, Singapore, Thailand, dan Vietnam.

Di sela-sela masa reportase, aku berkenalan dengan seorang fotografer lepas, Pak Aasril, yang memberikan aku wejangan mengenai fotografi, beliau mengatakan bahwa jika kita mau belajar fotografi yang sesungguhnya, maka belajarlah dari kamera analog, karena kamera digital itu MENIPU! Terlihat bagus di kamera saja, sedangkan ketika ditransfer ke computer, kualitas gambarnya akan sedikit menurun.

Beberapa menit setelah Country Presentation berlangsung, 2 pria, disusul ole seorang pria lagi datang ke Gedung saat Plenary session, jadi sekarang ada 3. Ketiga pria ini mengenakan seledang bak Abang None Jakarta, akhirnya aku mewawancara mereka juga. Ternyata mereka adalah Duta Muda ASEAN-INDONESIA. Dari perbincangan dengan para Duta dari Jawa Barat inilah, aku mendapatkan banyak info mengenai ASEAN Single Community 2015.

Alhamdulillah, selama meliput acara ini, aku mendapatkan beberapa kenalan baru dari ITENAS, namanya Citra dan Adhit, mereka juru foto juga. Lalu Pak Eko, dari kementrian Pemuda dan Olahraga, kang Irawan dari Ditjen Sejarah dan Purbakala Departemen Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, aku juga sempat ditegur oleh Dirjen Sejarah dan Purbakalanya, ditanya, “Hallo, where are you from?”. Wow! Aku membantin, do I look like a foreigner? Hehehe. Kujawab sambil nyengir, “Im from Indonesia, Pak, from Press, Antassalam Radio”.

Acara pun usai sekitar pukul 5 sore, peserta berisitirahat untuk bersiap mengikuti Focus Group Disscussion keesokkan harinya, tanggal 22 Mei 2009, yang di dalamnya akan membicarakn beberapa teman yang akan menjadi rekomendasi deklarasi ASEAN UNIVERSITIES STUDENT CONFERENCE ini.

Pada hari terakhir, 23 Mei 2009 akan ada Field Trip ke Tangkuban Perahu, dan beberapa tempat lain di Bandung, sebagai sarana promosi Cultural Heritage in Bandung.

Acara diakhiri dengan berbagai sajian pada malam tanggal 23 Mei 2009 di Pendopo Walikota oleh Bapak Dada Rosada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s