Jilbab

Waktu sudah menunjukkan pukul 12 kurang dan perut keroncongan. Saya dan teman-teman pun memberondong sebuah tempat makan.

Duduk berhadapan, baik pria dan wanita.

Setelah memesan berbagai hidangan, kami pun mengobrol soal beberapa hal. dan teman-teman pria mulai berkelakar.

“Itu kenapa sih, bajunya bagian atasnya ga dikancingin aja?”, tanya seorang pria.

Mendengar pertanyaan seperti itu saya bergidik dan langsung memegang baju saya. Oiya! saya lupa, saya mengenakan jilbab jadi bagian depan badan saya tertutupi.

Fyuh! lega.
Its not me.

Candaan teman-teman pria tersebut sontak membuat saya panik dan sadar seketika, bahwa pilihan berkerudung adalah solusi tepat untuk melindungan kehormatan seorang wanita.

Kaum wanita akan lebih aman dari pandangan pria. Dan juga membuat pria sangat hati-hati memandang kita.

Let’s take a look this ayat:

Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat.

Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita…”

[QS. An-Nur:31]

Ya, jangan lupa untuk mengulurkan kain kerudung ke dada.

Dan agar lebih leluasa dalam beraktivitas, marilah kita memakai pakaian yang juga tidak membatasi ruang gerak kita, yaitu: berjilbab.

Sebagaimana disebutkan dalam QS. Al-Ahzab: 59,

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”.

Jilbab disini didefinisikan sebagai sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutupi kepala, wajah dan dada. Ada juga yang mengartikan jilbab adalah pakaian yang menutupi tubuh wanita, dan hanya ditampakkan bagian tubuh yang biasa terlihat, yaitu wajah dan telapak tangan.

Manfaat dari berjilbab ini, antara lain, seperti yang sudah disebutkan di atas, adalah untuk melindungi diri kita, dan membuat kita merasa lebih aman dalam beraktivitas.

Saya pribadi merasakan manfaatnya, bagaimana dengan Anda? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s