Pengamen Senja

Saya adalah pengguna kopaja.
Setiap berangkat ke dan pulang dari kantor, saya naik kopaja.

Dan seperti hari-hari sebelumnya, kemarin sore saya menikmati bisingnya kemacetan dan lantunan suara pengamen yang sedang mengonjreng.

Begitu naik, pengamen tersebut mempersilakan saya untuk duduk di kursi depan sebelah kirinya. Otomatis saya duduk membelakangi dia. Namun suaranya yang lantang, tidak bisa tidak membuat kepala saya menengok ke arahnya sedari pertama saya duduk.

Whats with this guy!

Ia menyanyikan lirik lagu yang sulit saya cerna kata-katanya. Boleh dibilang dia nge-rap! tingkat kesulitan  merengkep kata demi kata kan susah ya. Dan pengamen jalanan itu sangat totalitas!

Saya salut atas rasa percaya dirinya. Logikanya, seorang performer akan melonjak-lonjak semangat jika audience memberi tepuk tangan atau bersiul antusias. Kontras dengan pengamen ini, berdendang dari awal sampai akhir dengan paripurna, meski penumpang yang lain ada yang melengos, acuh tak acuh, merasa terganggu.

Butuh nyali dan mental yang kuat untuk unjuk suara, di depan banyak orang. Dan pengamen ini memilikinya. Mungkin kalau diminta mengisi seminar dia sudah tidak malu lagi.

Saya bertanya-tanya, apa motivasinya untuk terus semangat bernyanyi. Toh jika tujuannya semata mencari uang, ia bisa saja asal bunyi. Tapi ia melakukannya dengan baik.

Sekali lagi, salut.

Salut untuk keberaninannya mengambil resiko. Mempertaruhkanharga dirinya untuk dicibir oleh yang merasa terganggu. Bagi dia mungkin itu ikhtiar. Ia tumbuh dan berkembang di jalanan, dan itulah hidup yang ia hadapi.
Mau tidak mau harus berusaha bertahan hidup.

Note to myself:
Beranilah dalam mengambil resiko.
Keberanian itu akan menuntun kita menuju kesuksesan.

Beranilah dalam merombak kebiasaan lama. Beranilah untuk merendahkan hati. Dan beranilah menjadi pribadi baru yang lebih baik. Buanglah rasa malu untuk memulai perubahan.

Leave a Reply

