Sakit

“Dia udah nyakitin aku. Kenapa seolah aku doang yang dihukum sama Tuhan?”, tanya saya.

“Ya, nggak mau tahu mau itu orang nyakitin kita atau engga, yang jelas Tuhan sayang sama dia. Dan kata siapa teteh lagi dihukum?”, dia bertanya balik.

Benar.
Kita tidak bisa memilih, oleh siapa kita akan disakiti.
Atau menghindar dari rasa sakit.

Tapi kita bisa mengantisipasi untuk tidak merasa sakit dengan cara:
1. tidak mengizinkan siapa pun menyakiti kita tanpa persetujuan kita
2. menolak merasa sakit
3. menganggapnya angin lalu
4. menerima, belajar dan move on

Jujur, saya sudah mencoba untuk memaafkan, namun ternyata saya bukan superwoman seperti yang selama ini saya kira. Saya tidak bisa salto di udara dan mengendalikan cuaca.

Everytime I see your smile, my heart sink.
Kenapa orang yang sudah memporakporandakan hidup saya terlihat bahagia? tidakkah dia malu? merasa bersalah? kenapa tidak terucap sekalipun permintaan maaf? kenapa saya tidak bisa memaksanya bicara?

Kenapa it seems that hidup saya tambah melarat, tapi kesejahteraannya malah meningkat? mungkinkah saya iri? apakah sebenarnya ujian hidup dia lebih berat? Kenapa…

“Kenapa sih, kita harus ngatur Tuhan mau sayang sama siapa?”, sentil Delima.

Saya tertegun mendengar kalimat itu.

Ya benar.
Saya harus mengakui kekalahan saya. Mungkin hidup saya tidak secemerlang dia. Mungkin pencapaian saya belum seberapa dan saya tidak akan pernah menang kalau bersaing dengan dia. Saya harus berhenti membandingkan hidup saya dengannya.

Saya tidak bisa terus menerus mengejar bayangan saya sendiri.
Saya harus mulai fokus pada masa depan saya.

One Comment Add yours

  1. irfan says:

    mungkin dia cuma “terlihat” bahagia, mungkin dia malu, mungkin dia merasa bersalah. mungkin dalam hatinya berulang2 minta maaf. mungkin dia terlalu takut untuk bicara.

Leave a Reply

