My Beautiful Ramadhan

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Hari ini, 19 Juli 2013 merupakan hari ke-10 di bulan Ramadhan. Bulan suci yang sarat pahala, dimana waktu-waktu menunggu buka sangat dinanti, malam-malamnya begitu menggiurkan untuk diisi dengan tilawah Al-Qur’an dan pelaksanaan shalat tarawih. Dan pada saat-saat sahur hingga subuh terdapat keberkahan.

Subhanallah, what a beautiful Ramadhan ๐Ÿ™‚

Ada yang berbeda, untuk saya pribadi di Ramadhan kali ini. People will guess, yes the first thing is because I’m married. Namun hal tersebut bujan satu-satunya yang mewarnai Ramadhan saya kali ini. OK, here’s some of new things in my Ramadhan.

1. Ya, tidak bisa saya pungkiri juga, ini Ramadhan pertama saya bersama suami, berdua di kontrakan. Kalau sebelumnya saya sahur bersama anak-anak kos-an selama saya bekerja di Jakarta dan acara buka bersama teman-teman di sebuah restoran cukup teragendakan, sekarang saya suami lebih sering memilih stay at home. Karena tidak shaum, maka konteksnya saya menemani berbuka dan sahurnya beliau.

2. Saya tidak shaum di Ramadhan ini, namun saya tetap melakukam ibadah-ibadah yangย  lain seperti solat wajib, tarawih dan tilawah.

Why? Karena saya sedang hamil ๐Ÿ™‚ usia kandungan saya masih sekitar 11 minggu. Trimester pertama dimana wanita cenderung mengalami mual dan muntah, sehingga badan sering lemas. Menurut pendapat dokter, ada untuk ibu hamil yang ingin shaum, amannya dilakukan saat janin berusia 4 bulan ke atas karena di trimester pertama jabang bayi masih crucial untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dalam upaya pembentukan sel otak dan sumsum tulang belakang.

So, ini hal yang luar biasa baru untuk saya dimana saya harus well feed dan memaksakan diri untuk makan meski nantinya akan muntah. Beristirahat dengan cukup karena mudah lelah dan tetap berusaha melayani suami sebisa meski seadanya.

3. Suami dan saya sudah tinggal terpisah dari orang tua kami selama kurang lebih satu bulan. Oleh karena itu, karena status sosial kami berubah, layaknya sebuah rumah tangga yang berada di tengah masyarakat, kami pun berinisiatif untuk mengundang rekan-rekan kami untuk berbuka puasa di rumah.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

ู…ูŽู†ู’ ููŽุทู‘ูŽุฑูŽ ุตูŽุงุฆูู…ุงู‹ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑูู‡ู ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูŽู†ู’ู‚ูุตู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ุฑู ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุดูŽูŠู’ุกูŒ (ุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุงู„ุชู‘ูุฑู…ูุฐููŠู‘ู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุญูŽุฏููŠุซูŒ ุญูŽุณูŽู†ูŒ ุตุญูŠุญ)

โ€œBarangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.โ€ (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, โ€œHadits Hasan Shahihโ€)

Nah, hadist tersebutlah yang menjadi semangat untuk saya memasak untuk tamu-tamu yang hadir.

Ini menjadi pengalaman pertama bagu saya, menghidangkan makanan untuk 25-an orang dan memasak sendiri. Subhanallah, sebuah challage yang seru sekali.

Minggu pertama yang berbuka adalah anak-anak pembina PAS Salman, sebuah organisasi yang pernah diketuai suami saya semasa kuliah.

Rombongan selanjutnya yang hadir adalah colleague suami saya, rekan kerjanya.

Untuk dua event ini, suami bertanggung jawab untuk dessert dan saya menu utama. Beberapa makanan yang kami sajikan antara lain opor ayam, tumis buncis, goreng tempe-tahu, perkedel jagung, gulai sapi, rolade bumbu kecap dan capcay kuah.

image

Yummy! Paling senang ketika semua hidangan habis dilahap yang berbuka.

Dalam proses memasak sendiri alhamdulillah saya dibantu oleh Intan, Aya, Ani dan Rosella. Terimakasih teman-teman.

Baiklah, 3 hal di atas merupakan pengalaman baru untuk saya di Ramadhan ini. Jujur saya ketagihan untuk menyelenggarakan buka bareng lagi karena masak-masak besar itu asik banget ternyata.

Ayo, bukber lagi!
๐Ÿ˜‰

One Comment Add yours

  1. yulijannaini says:

    wwaaahh teteh udah hamil..??

    Barakallah tetehku cantik….

    Kayaknya ntar mau belajar masak ke teteh ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

