Arum & Pancakes

Sama halnya dg macaroni schotel yg merupakan hidangan wajib di rumah-rumah di Eropa, pancake juga adalah sejenis menu sarapan bagi orang-orang western.

Dimana, untuk kebanyakan orang Indonesia, macaroni schotel, pancake, spaghetti, zupa-zupa tu yaa cemilan saja. Kudapan yg sehabis/sebelum itu kita akan menggenapkan rasa lapar dengan mengunyah dan memakan nasi 😀 termasuk saya lhooo… (ngaku)

Pancake, atau goreng tarigu, menurut prespektif suami saya (haha) adalah makanan yg bahan dasarnya terdiri atas telur & terigu (tuh kan kata suami saya juga “ieu mah tarigu digoreng”), variasi rasa manisnya bisa dicampur susu kental manis/gula tepung dg penambahan baking soda jg susu cair/air biasa.

Topingnya sendiri bisa macam-macam. Ada es krim, madu, susu, dll.

Saya pribadi lebih suka indonesian pancake alias bakwan 😀 lebih mengenyangkan, tasty dan kaya isi (ada wortel, kol, bawang daun) hahaa..

Ok, kenapa nih judulnya Arum & Pancake? Karena ada cerita lucu dibalik pembuatan pancake hari ini.

Kemarin, adik saya, Arum berkata, “Mbak, besok aku mau bikin pancake lho sama Jijah”.

Jijah adalah teman sebaya Arum, dan kami bertetangga.

“Jijah punya cetakan pancakenya?”, respon saya.

“Punya”, jawab Arum.

“Jijah punya kocokan telur?”, tanya saya lagi.

“Punya”, jawab Arum lagi.

“Bahan-bahannya udah beli belum? Di rumah udah ada terigu, susu, telur, gula, susu kental manis, mentega, baking powder..”, ucap saya antusias.

“Iih gimana besok aja, Jijah nanti sms bahan-bahannya ke aku”, kata Arum jutek.

“Ooh ok. Besok mau masak jam berapa? Nanti mba lihat ya”, lobi saya, penasaran ingin lihat anak-anak SD ini memasak.

“Ish. Harusnya aku gausa kasih tau mba aja. Ribet nanya-nanya. Besok aku sama Jijah yg mau masak, mba gausa ikutan”, Arum pun melengos pergi.

Esoknya, yaitu hari ini. Tepatnya subuh tadi, saya berpas-pas-an dg Ibu Jijah ketika hendak belanja ke warung.

“Bu, katanya, nanti Arum & Jijah mau masak pancake ya di rumah Arum?”, sapa saya.

“Iya, katanya mbak”, jawab Ibu Jijah.

“Di rumah Arum bahannya sudah lengkap ko Bu, jadi nggak perlu beli lagi. Kalau Jijah biasanya bikin pancake pake gula atau susu ya Bu?”, selidik saya.

“Azizah biasanya kalau bikin pake susu, mbak”, jawab beliau.

“Oh. Ok”, kami pun bertukar senyum.

Pagi, pukul 9, Arum mandi & menelepon Jijah, “Siap yaa. Kita masak. Sekarang beli es krim-nya dulu ke Indomaret”.

“Arum, ntar mbak mau minta ya es krim-nya”, ledek saya.

“Ih ogah!”, dia pun kabur menghindari saya.

Beberapa menit kemudian, datanglah Arum, Jijah, es krim, cetakan pancake & kocokan telur.

Saya duduk santai di ruang tamu menaati instruksi Arum untuk tidak turut campur dalam proses masak memasak Arum & Jijah.

Lalu tiba-tiba Arum menghampiri saya ke ruang tamu sambil membawa cetakan pancake.

“Mba, bantuin”, dia nyengir.

“Lho, kenapa?”, saya bingung.

“Jijah gatau cara bikinnya mba”, adu Arum pada saya.

Saya pun berjalan ke dapur, “Jijah kalau bikin pancake biasanya gimana?”, tanya saya.

“Gatau. Biasanya mami bikinin trus aku tinggal nambahin es krim kalau udah jadi”, jawabannya membuat saya ingin tertawa.

“Kirain mba Ndari, Jijah udah sering buat dan mau ngajarin Arum cara bikin pancake”, ucap saya sambil melirik nakal pada Arum.

“Bantuin! Ntar aku bagi es krimnya sama mbak”, kata Arum.

Hahahaaa…

Jadi, judul acara hari ini adalah, bukan “Arum & Jijah bikin pancake dan mba Ndari ngeliatin”, tapi “Mba Ndari bikin pancake, Arum & Jijah ngeliatin” 😀

Saya pun mengambil sederet bahan yg diperlukan & mengajari step by step cara pembuatan pancake supaya next time, Arum & Jijah bisa berkreasi sendiri.

Arum & Jijah saya minta untuk mengaduk adonan secara bergantian, mengolesi cetakan pancake dg mentega dan mencicipi apakah adonannya sudah cukup manis atau belum.

Untung saja tadi pagi dapat bocoran kalau Jijah biasanya menggunakan susu untuk membuat pancake, sehingga saya bisa menyesuaikan. Kan malu kalau panekuk buatan saya ga seenak buatan mamih Jijah 😀

Setelah adonan jadi dan di diamkan selama 20 menit, pancake pun siap dimasak dan disajikan.

Setelah matang, diberi toping, Arum & Jijah pun ga sabar mencomot panekuknya.

“Enak ga Jijah, Rum? Kalau yg mamih buat rasanya gini ga?”, tanya saya yg ikut icip-icip.

Arum mengangguk.

“Enak. Iya kalau mamih buat juga rasanya gini”, jawab Jijah.

Aaaahhhh Alhamdulillah 😀

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s