Beautiful Words

“Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun.
Karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu”.
(Ali bin Abi Thalib)

Semakin kita menua (jika kita menyadari bahwa usia kita berkurang), kita akan berada di satu titik transisi, baik kita menolak atau menerimanya. Transisi yang menghadapkan kita pada hidup yang lebih serius dari hidup yang sebelumnya kita jalani.

Pada titik ini, yang terjadi pada variatif usia, kita dapat memilih, akankah kita berusaha bertransformasi menjadi pribadi yang lebih bijak atau tetap mempertahankan kebiasaan lama dan menua dengan eforia.

Penuaan adalah keniscayaan, Kedewasaan adalah pilihan.

Orang yang bijaksana, seringkali berhati-hati dalam bicara. Bukan untuk mendapatkan pujian, namun untuk kebaikan hatinya sendiri. Mungkin orang bijak sudah mulai berpikir bahwa segala tindakan dan perkataannya akan dihisab di yaumil akhir nanti, sehingga sebisa mungkin berbicara saat diperlukan, dengan topik yang sangat penting dan bahasa yang efektif.

Speak only when your words are more beautiful than your silence
(Imam Ali bin Abi Thalib)

Bagi orang dengan kedewasaan tertentu, kalimat ini menjadi sebuah paduan dalam berbicara. Kita berbicara hanya jika apa yang kita ucapkan lebih indah dari diamnya kita. Menghindari pembicaraan yang memungkinkan adanya pihak yang tersakiti, apalagi pembicaraan yang tidak penting yang hanya akan menambah daftar amal buruk kita dan menggerogoti kita tanpa kita sadari.

Menjadi bijak juga berarti banyak melakukan observasi, mendengarkan, tanpa mengomentari kecuali bila diminta, mengalah. Mengalah untuk menang. Untuk menang dari ego diri kita sendiri yang ingin didengar, diikuti, dimengerti, dan ditaati. Kita yang ingin mengalahkan diri kita sendiri dan menjadi pemenang atas diri kita.

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s