Chewy Cookies Karya Aisya – Bake With Kid

“Mami, I love cookies“, ucap Aisya.

“Aisya mau bikin cookies?”, saya menawarinya.

“Mau, Mami. Mau mau!”, Aisya loncat-loncat gembira.

Saya selalu senang melakukan kegiatan yang melibatkan team-work antara saya dan Aisya. Selain skill dan pengetahuan Aisya berkembang, aktivitas seperti ini dapat merekatkan bonding antar ibu-anak. 

Bagi saya, menghasilkan sebuah karya dengan Aisya adalah sebuah prestasi. Ingat, we deserve a daily celebration πŸ™‚ 

Dan minggu ini, kami berhasil membuat karya bersama, yaitu chocolate chip chewy cookies.

Seringkali cookies yang kami buat adalah Soft/Chewy Cookies, terinspirasi dari Silverqueen soft cookies-nya Pizza Hut, we like it because it is chewy and the taste of brown sugar is really strong πŸ™‚ 

3 Tipe Cookies

Sebelum bagi-bagi secret ingredients ala Aisya dan Mami, kita bahas sedikit tentang jenis-jenis cookies ya. 

Dari tayangan The Science Behind a Perfect Chocolate Chip Cookies with Thomas Joseph, saya mengetahui kalau ada 3 tipe cookies, yaitu Chewy Cookies, Thin-Crispy Cookies, dan Cakey. 

1. Chewy Cookies adalah jenis cookies dengan tekstur lembut dan chewy, cocok untuk dikunyah oleh gigi susu dan geraham toddler yang masih dalam tahap pertumbuhan (dan para penyuka soft cookies). Tidak keras, mudah dicuil dan biasanya coklat didalamnya lumer. Yamm.

Untuk menghasilkan cookies yang soft dan chewy, takaran gula merah harus lebih banyak dari gula putih (bukan gula halus ya). Lalu telur yang digunakan adalah whole egg (ini saya sih, jadi putih dan kuning telurnya digunakan). Campuran bahan basah juga harus lebih banyak dari bahan kering (lebih banyak butter dan telur), sedangkan tepung yang dimasukkan ke adonan lebih sedikit ketimbang kalau kita bikin cakey cookies. 

Adonan chewy cookies terlihat shiny, lengket, agak sedikit sulit untuk membentuk adonan di loyang sehingga lebih mudah kalau kita menuangkan adonan ke pipping bag terlebih dahulu lalu meratakannya dengan sendok.

2. Thin-Crispy Cookies, bisa ditebak dong, salah satu contohnya adalah Almond Crispy Cookies. Untuk variasi cookies jenis ini saya juga pernah buat. Thomas Joseph dalam video-nya yang diunggah di Everyday Food menunjukkan kalau takaran gula merah dan gula putih pada crispy cookies harus sama. Namun berdasarkan pengalaman pribadi juga guidance dari kokiku tv, saat saya membuat Almond Crispy Cookies cukup menggunakan gula halus saja. Penambahan sedikit gula merah tampaknya tidak masalah, imbasnya hanya pada crispy cookies yang terlihat cepat men-brown. Sementara ini, saya merasa lebih aman pakai gula halus dulu.

Nah untuk cookies jenis ini, mengacu pada pengalaman saya membuat Almond Crispy Cookies, hanya bagian putih telur yang digunakan, sebelumnya kita perlu mengocok gula halus dengan mentega terlebih dahulu. Lalu di akhir kita tambahkan tepung. 

Tekstur adonannya lebih padat sedikit dari adonan chewy cookies, sehingga lebih mudah untuk membentuknya dengan bagian belakang sendok di loyang. Dibuat tipiiiis sekali agar hasilnya krispi, baru tambahkan irisan kacang almond dan parutan keju, dont worry baking powder akan membuatnya mengembang. Wah! Jadi pengen bikin lagi.

3. Cakey. Untuk cookies jenis ini saya sepertinya pernah mencoba juga, tapi by accident maksud hati bikin chewy cookies, eh nyasar ke cakey cookies. Suami sempat komentar, “Mam, ini enak tapi terlalu keras buat Aisya mah”. Akhirnya Cakey Cookies saya dadah-dadahin aja πŸ™‚ belum pernah bikin lagi. 

Secara garis besar, cookies tipe cakey ini takaran gula putihnya lebih banyak dari gula merah. Dan adonannya padat, seperti saat kita membuat kue-kue lebaran (kastagel, putri salju, nastar, dan lainnya), dengan bentuk adonan seperti ini kita bisa mencetaknya ke berbagai bentuk lucu. Siap-siap tenaga aja pas nguleninnya ya.

Cukup dulu sekilas tentang tipe-tipe cookies ya. Sekarang kita lanjut ke pembuatan chewy cookies ala Aisya dan Mami.

Secret Ingredients in Aisya’s Chewy Cookies.

Ada rahasianya ngga sih supaya sukses bikin chewy cookies? Ada banget! Selain takaran bahan-bahan yang benar dan teknik mengaduk serta pemanggangan yang tepat, agar cookies-nya berhasil sesuai harapan dan bayangan adalah perbanyak latihan juga do’a hehe.

Bisa dibilang ketiga kalinya bikin chewy cookies, baru ini yang benar-benar pas! Manis, teksturnya renyah, cokelatnya melted and blended. Yang jelas enaaak πŸ™‚

Bahan-bahan Chewy Cookies

1. Mentega 2 sdm (bila dirasa kurang bisa ditambahkan 1 sdm lagi)

2. Gula merah 3 sdm

3. Gula pasir 1 sdm

4. Sejumput garam

5. 1 buah telur suhu ruang

6. Tepung terigu 5 sdm (biasanya saya pakai tepung oats/tepung khusus cookies tapi lagi kosong jadi pakai terigu biasa). Kira-kira aja kalau kurang bisa ditambahkan sedikit-sedikit. Intinya untuk bikin chewy cookies, tepung terigunya lebih sedikit dari bahan basah.

7. Baking powder, saya pakai 1/2 sdt

8. Dark Cooking Chocolate, dipotong dadu kecil-kecil (pengganti silverqueen).

Tools and How To

Untuk mengaduk semua adonan, saya memakai mangkuk besar, di awal saya gunakan whisk untuk mengocok. Dan setelah terigu ditambahkan saya ganti dengan spatula.

Secret-nya sebenarnya ada di mentega dan penggunaan gula merah yang lebih banyak juga penambahan baking powder di tahap paling akhir. Sengaja mentega-nya tidak saya lelehkan (biasanya dilelehkan dulu) dan ternyata ini bikin cookiesnya jadi lebih bagus. This time Aisya step-ing up the game. Aisya mengocok mentega, menyendokkan gula merah, gula putih lalu mengocoknya sesuka hati dengan whisk.

Saya masukkan telur dan garam, kemudian di aduk lagi oleh Aisya. No worries, karena ini cooking with kid so it should be fun for my little girl. Saya memang men-encourage Aisya untuk nyaman berada di dapur dan mengenal berbagai bahan masakan. Aisya terlihat sangat senang dan antusias melakukan itu semua, even she is the one who ask to do it all.

Setelah puas mengaduk, barulah finishing-nya sama saya. Mungkin juga Aisya pegel yaa tangannya, ia lalu pergi ke ruang tamu dan main dengan bonekanya.

Tinggalah saya yang menakar banyaknya terigu yang harus dimasukkan agar adonannya tepat lalu menambahkan chopped DCC, terakhir saya beri baking powder (ngga pakai baking soda karena pernah pakai trus rasanya jadi agak pahit). Saya aduk semua bahan dengan teknik aduk lipat dan menatanya di loyang. Ini yang saya bilang agak tricky, lengketnya adonan membuat saya berpikir its better to use pipping bag lalu di-shape-up pakai punggung sendok. 

Alhamdulillah adonannya muat di 2 loyang. Tinggal dipanggang.

Baking Dengan Oven Tangkring

Oh ya, ada 2 hal yang harus diperhatikan sebelum adonan dipanggang, yaitu :

1. Panaskan Otang di atas kompor dengan api besar sekitar 5 menit. 

2. Khusus saat memanggang cookies, kita harus membuka bagian atas Otang (penutupnya – kalau yang saya berbentuk bulat). Saat dibuka saya bisa lihat ada rongga rongga kecil untuk sirkulasi udara disana. 

Ketika cookies sudah masuk, kecilkan sedikit apinya. Tilik-tilik di 15 menit pertama, bisa juga di switch loyang yang di rak atas diturunkan ke rak bawah, begitu juga sebaliknya. 20-25 menit rasanya sudah cukup mematangkan chewy cookies, udara di luar oven akan membantunya mengeras.

Tunggu hingga cookies menjadi lebih padat, baru pindahkan ke pisin/toples. Oia saya pakai baking paper jadi ga ada acara oles-oles loyang dengan mentega. Lebih praktis dan hasil baking mudah diambil πŸ™‚

Sekian cerita baking with kids dari saya, harus sabar dan hati-hati yaa kalau baking sama anak, utamakan proses (kalau bisa sih balance antara proses dan hasil). Saat anak kita menuangkan gula/tepung lalu tumpah sedikit ke lantai, its ok lah.. Itu bagian dari pembelajaran buat anak kita. Make it fun for you both!

Selamat mencoba πŸ˜‰

***

Resep Homecooking lainnya :

1. Resep Gurame Crispy dan Sop Ikan

https://sundariekowati.wordpress.com/2014/01/03/fillet-gurame-crispy-sop-ikan/

3 Comments Add yours

Leave a Reply

