Kesholihan Sosial – Ustadz Arifin Jayadinigrat

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku

QS. Adz Dzariyat : 56

Dalam kerangka beribadah, Allah tidak hanya menyuruh kita menjadi individu yang baik, namun juga memotivasi kita untuk bisa menjadi baik secara berjamaah.

Contoh sederhana adalah sholat. Jika seorang hamba sholat munfarid, ia mendapatkan 1 pahala, sedangkan bagi yang sholat berjamaah pahalanya 27. Jika diakumulasikan selama sebulan, maka :

Pahala sholat munfarid : 150

Pahala sholat berjamaah : 4050

Dalam setahun, perbandingan orang yang solat munfarid dengan berjamaah adalah 1.800 : 48.600 Subhanallah.. Pahala dari kebaikan yang dilaksanakan berjamaah banyak sekali. Orang yang solat munfarid setiap hari tertinggal 27 tahun dari orang yang solat berjamaah (hiks hiks).

Jika para pria bisa berbondong-bondong solat berjamaah di Masjid, bagaimana dengan para wanita yang solatnya lebih utama di dalam rumah? Kita bisa ajak anak kita, ibu, mertua, adik perempuan, saudara, bahkan ART kita untuk solat berjamaah dengan kita. 

*mau ajak Aisya sering-sering solat berjamaah aahh sama tante Sarah juga πŸ™‚

Orang yang baik akan mengajak orang lain untuk berbuat baik 

– Ustadz Arifin Jayadiningrat

Hendaknya kita semua menjadi pribadi-pribadi yang memiliki growth midset, yaitu pikiran yang terbuka dan berkembang. Artinya kita dengan terbuka menerima saran dari orang (yang baik), berupa ajakan memperbaiki diri, mengoreksi kesalahan kita, dan masukan lainnya agar kita senantiasa berkembang menjadi hamba Allah yang lebih soleh lagi. Begitu juga dengan diri kita, aktif menyebarkan kebaikan agar terwujud kesholehan sosial.

Muslim yang baik adalah muslim yang saling mengingatkan akan kebaikan. 

In ahsantum ahsantum li anfusikum wa’in asa’tum falaha

Jika kamu berbuat baik, maka kebaikan (itu) untuk dirimu sendiri, jika kamu berbuat jahat maka kejahatan untuk dirimu sendiri [QS. Al-Isra :7].

Jika kita berbuat baik pada orang lain (tolong menolong dalam kebaikan), maka sesungguhnya kita berbuat baik pada diri sendiri. Orang yang hidupnya susah, bisa jadi ia jarang menolong orang lain dalam hidupnya. Nah agar hidup kita jadi lebih lapang, luas, terbuka jalan yang lebih baik, maka banyak-banyaklah permudah urusan orang lain (sering membantu, mengalah, mengikhlaskan).

Dimana Anda berpijak, pikirkan, apa yang bisa saya share dengan orang lain (bukan apa yang bisa kita dapatkan dari orang lain).

Bismillah, semoga kita semua bisa jadi hamba Allah yang lebih baik dan soleh berjamaah. Amiin.

*Foto saat kajian di Mushola Bxchange Mall kemarin (2 Feb 2017), anak-anak main little pony, baca buku, mewarna, menyusun puzzle, saat para Bunda menyimak πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s