Resep Praktis BAKED POTATO WEDGES 

Sunting

Dari sekian banyak postingan yang saya tulis, mulai dari Kategori My Stories yang isinya lebih ke my personal thought, tentang Positive Parenting , rekam jejak perjalanan wisata kami di Travelling, obrolan-obrolan saya dengan Ibu muda yang saya rangkum di Cerita Ibu Muda sampai Home Cooking, ada satu artikel yang hampir selalu dikunjungi oleh pembaca blog saya yaitu : Fillet Gurame Crispy + Sop Ikan (link).
Padahal artikel tersebut di posting pada tahun 2014, saat saya hamil besar dan memasak spesial untuk Ibu saya yang sedang Milad. Artinya, topik-topik seputar resep masak masih menjadi favorit pembaca 🙂 makasii banyak yaa yang sudah mampir ke blog ini.

Oleh karena itu, salah satu resolusi saya tahun ini adalah memperbanyak postingan mengenai resep masakan rumah ala Mami Aisya (yaaang masih belajar tentunya). Yuk sama-sama belajar, I’ll be glad to receive your comment and advice about my food loh! 😉

Nah, meski di atas judul utama-nya adalah BAKED POTATO WEDGES, tapi ada Fillet Gurame Crispy yang juga feature disana.. Nggak apa-apa yaa, ceritanya kentang-nya ini pelengkap sajian di pagi hari. Selain praktis, 2 menu ini juga mudah diaplikasikan.

Dimana Letak Praktisnya?

Di penghematan waktu-nya. 

Gegara Trisha Southern Kitchen di Asian Food Channel menjamu keponakannya dengan Sloopyjoe dan baked potato, saya jadi kabita untuk mencoba membuatnya. 

Kalau di percobaan pertama saya gagal total karena kentang-nya lamaaa sekali matangnya saat dipanggang, akibat kebanyakan dan langsung saya masukkan ke oven, Alhamdulillah di eksperimen ke-2 sampai ke-3 berhasil.

Agar proses baking tidak memakan waktu lama (dalam rangka penghematan gas), suami menyarakan agar kentangnya direbus dulu, baru setelah 1/2 sampai 3/4 matang, kita lanjutkan prosesnya di dalam oven.

Alasan Menyajikan Potato Wedges?

Wedges – adalah istilah untuk kentang yang dimasak bersama kulitnya. Untuk memasak potato wedges terlebih dahulu saya cuci bersih kentangnya (pilih kentang dengan ukuran sedang/besar) lalu merebusnya di air mendidih hingga agak lunak.

Kenapa memilih varian wedges? Karena setelah saya coba, hasil kentang yang dipanggang dengan kulitnya itu enak sekali lhooo. Crunchy-crunchy gimanaa gitu, apalagi ditambah taburan keju seledri dan penyedap rasa! Hmm, yamm..

Selain itu, nutrisi pada kulit kentang ada banyak.

Nutrisi Dalam Kentang & Kulitnya

1. Kentang yang dimakan beserta kulitnya mengandung 1.600 mg Kalium, yaitu setengah dari jumlah kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Kentang juga kaya serat, dengan mengkonsumi kentang beserta kulitnya artinya telah mengkonsumsi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau 1/4 dari kebutuhan per hari.

3. Satu kentang besar dengan kulit mengandung 33% kebutuhan mangan per hari.

4. Mengkonsumsi kentang beserta kulitnya akan menutrisi vitamin C ke dalam tubuh.

5. Satu kentang beserta kulitnya mengandung 46% vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh.

Disarikan dari http://m.liputan6.com/health/read/2094895/5-manfaat-makan-kentang-beserta-kulitnya

Selanjutnya, kita langsung ke bahan dan cara masak yaa.

Aisya bantu Mami dan diawasi sama Mami

Bahan – bahan
1. Kentang ukuran besar/sedang

2. Seledri

3. Minyak Sayur

4. Air 

5. Garam & Penyedap Rasa

6. Keju parut

Cara Memasak

1. Cuci bersih kentang beserta kulitnya (jangan dikupas).

2. Potong-potong kentang menggunakan pisau bergerigi, diusahakan potongannya tidak tipis agar saat direbus kemudian dipanggang, bagian luarnya crunchy dan bagian dalamnya juicy.

3. Panaskan air di panci sampai mendidih, masukkan sejumput garam, disusul potongan kentang. Proses ini membuat kentang lebih cepat lunak.

4. Tusuk dengan pisau kecil/tusuk gigi/garpu, pastikan sudah 3/4 lunak.

5. Tiriskan kemudian tata di loyang yang sudah dialasi baking paper, lumuri dengan campuran minyak sayur, garam, penyedap rasa, parutan keju dan potongan seledri.

6. Panggang di oven hingga bagian luar mengeras dan kejunya berubah jadi kecoklatan. Kurang lebih 10-15 menit. Proses pemanggangab ini akan membuay kentang-nya berkerut/menciut sedikit dari ukuran awal sebelum dimasak.

7. Bila sudah well baked, angkat dan sajikan bersama Fillet Gurame/Ayam Goreng atau cukup dengan saus tomat/mayonaise/saus cabai.

Bagaimana? Very simple and worth to try kan? Selamat mencoba resep praktis Baked Potato Wedges ini dan menikmatinya bersama keluarga tercinta 🙂

Untuk resep Gurame klik disini : Fillet Gurame Crispy Dan Sop Kepala Gurame

Baca juga : Tom Yum Kung Bumbu Bangkok

Advertisements

2 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s