Me-Time Versi Mami Jasmine

Setiap manusia membutuhkan ruang untuk diri sendiri, baik untuk merenung, beristirahat, meraih semangat kembali, maupun mengilangkan stress, tak terkecuali seorang Ibu rumah tangga seperti saya. Sebagai Mami dari Jasmine, bisa dikatakan kalau saya nempel 7 hari 24 jam termasuk berpelukan saat tidur dengan putri saya sejak ia lahir hingga saat ini, ketika usia Jasmine menginjak 3 tahun.

Sekilas tentang saya, saya adalah aktivis kampus yang cukup aktif di organisasi, pecicilan dan suka bekerja terutama karena dengan bekerja saya memiliki penghasilan. Setelah menikah, saya mantap resign namun masih beraktivitas, yaitu mengajar di Kelompok Bermain dan menjadi pemandu acara. Salah satu hobi produktif saya adalah menjadi MC/pemandu acara di berbagai acara. Sejak kuliah saya menggeluti bidang ini, saat hamil pun saya masih mengambil beberapa job MC.

Begitu Jasmine lahir, saya bertekad mengurus dan membesarkan Jasmine sendiri, tanpa dibantu ART maupun dititipkan ke day care. Sebetulnya saya pernah mengerjakan sebuah proyek selama 2 bulan sehingga Jasmine yang kala itu berusia 8 bulan harus masuk ke day care. Saya menangis setiap pagi ketika mengantarnya ke day care, rasa bersalah bercampur tidak tega membuat saya memilih untuk serius menjadi ibu rumah tangga.

Profesi baru yang saya tekuni ini ternyata tidak semudah yang saya kira. Banyak pekerjaan rumah yang saya rasa sama pentingnya dengan kerjaan di kantor, sama-sama ada deadline, ada keteraturan juga cukup menguras tenaga dan pikiran, belum lagi perihal mengelola emosi. Seperti ucapan sahabat saya yang mengatakan, “Kalau tidak cerdik mengelola emosi, bisa jadi saat anak kita tantrum, alih-alih menenangkan anak, Ibunya malah ikut tantrum”.

Itulah mengapa, seorang Ibu Rumah Tangga pun butuh yang namanya refreshing, break sejenak dari rutinitas memasak – mengurus anak – menyapu – mengepel – mencuci piring yang ada lagi ada lagi – mengucek pakaian – menjemur – menyetrika – melap debu dan sederet pekerjaan rumah lain yang tidak ada habisnya.

Bagaimana pun, saya sangat menikmati profesi baru saya ini, sebagai seorang Ibu rumah tangga, karena saya senang bermain dengan anak saya yang lincahnya luar biasa. Atau lebih tepatnya saya sangat menikmati menjadi stay at home mom di 3 tahun pertama. Tahun keempat ini sebagian diri saya mulai merasa jenuh, ingin rasanya kembali beraktivitas di luar rumah sesekali seperti nge-MC lagi atau minta cuti sehari dari tugas rumah lalu tidur atau nonton film seharian, but this just never happen.

Saya pun mulai mencari-cari celah untuk me-time, time to enjoy being with myself alone. Kalau beberapa ibu-ibu me-time-nya ke salon, dipijit atau facial, belanja online, menulis, dan lainnya, me-time versi saya sederhana banget. Jangan tertawa yaa..

Me-time versi Mami Jasmine adalah menyetrika dan memasak! Lho kok menyetrika dan memasak? Dimana metime-nya? Sebut saja ini metime colongan karena saya menyetrika sambil menonton Asian Food Channel, salah satu stasiun TV yang menghadirkan acara masak-masak. Saya suka keduanya, menyetrika dan menyimak cooking channel serta bereksperimen di dapur.

Saya senang saat momen menyetrika tiba, biasanya malam hari sekitar pukul 20.00. Saya akan meminta Jasmine masuk ke kamar dan mendengarkan ayahnya bercerita, sekaligus mengantarkannya tidur. Lalu saya akan menggelar alas dan pakaian yang sudah dijemur. Menyemprotkan pewangi ke pakaian yang akan disetrika menenangkan suasana hati, melihat kaos-kaos Jasmine yang tadinya kusut menjadi rapi seolah menguraikan keruwetan yang sempat singgah di pikiran saya, menggosok kerutan-kerutan pada lengan dan kemeja suami hingga mulus kembali menjadi terapi tersendiri bagi saya pribadi.

Sambil menyetrika saya menyetel TV kabel, tayangan favorit saya adalah Gordon Ultimate Cooking Course dan Dinner At Tiffany. Gordon Ramsay memasak dengan cepat, tidak bertele-tele, tekniknya beragam dan masakannya terlihat mudah serta lezat sekali, memotivasi saya untuk bilang, “Saya bisa menghidangkan itu!”.

Saya juga menyukai Tiffany karena ia mengundang teman-temannya untuk makan malam bersama. Saya menyenangi acara memasak yang melibatkan perasaan, keluarga dan persahabatan. Memasak dan mengundang keluarga serta teman-teman saya ke rumah adalah hal yang ingin saya lakukan. Selama memasak, Tiffany akan mengobrol dengan teman-temannya di dapur. Teknik memasak Tiffany berbeda dengan Gordon Ramsay yang sangat ilmiah, teknik Tiffany sederhana namun beliau sering memodifikasi masakan sederhana menjadi lebih mewah dengan menambahkan atau mengganti bahan tertentu, lebih mudah untuk saya aplikasikan di rumah.

Sejujurnya, semakin sulit teknik memasaknya, saya makin tertarik. Rasanya seperti men-transfer berbagai kerumitan hidup dalam proses memasak, seperti saat mengaduk adonan, memipihkan pie crust, dan mengulek bumbu, its releasing stress. Ketika saya berhasil menghidangkan masakan yang lezat untuk keluarga, saya merasa bahagia. Ini membuat saya semangat dan siap menjalani aktivitas lainnya.

Selamat metime dan re-charge energy ibu-ibu!

Tentang Penulis

Assalamu’alaykum, perkenalkan nama saya Sundari Eko Wati. Saya adalah Mami dari Jasmine (3 tahun) dan lebih sering beraktivitas di rumah. Ketertarikan saya paa bidang menulis sudah ada sejak kecil, biasanya saya menulis di buku diary. Dan sejak memiliki blog saat kuliah, saya mulai suka menerbitkan beberapa curahan pikiran dan hati saya di sundariekowati.wordpress.com

Tahun ini saya bergabung dengan grup One Day One Post For 99 Days, disinilah saya mulai rutin menulis 2 artikel per minggu, sebelumnya tidak teratur. Terimakasih sudah membaca, doakan ya agar tulisan dengan judul ‘Me-Time Versi Mami Jasmine’ ini bisa masuk antologi 99 Me Time Stories.

 

 

2 Comments Add yours

  1. lingga says:

    foto pas nyetrikanya dong… 😀

    I’ve ever been in love with nyetrika too, yes you’re right ironing is a perfect stuff to have a wonderfull me time, with TV and the smell of blue kispray and the silent of night.

    1. Takda lah yang fotoin pas aku setrika hahaa. Iya Lingga! Menyetrika itu sesi terapi pikiran yg kusut jd rapi kembali hehe

Leave a Reply

