Cantik itu Bahagia #OramiJoinandWin

“Definisi cantik menurut Moms?”, begitu bunyi pertanyaan yang ada di poster lomba blog Ceritakan Definisi Cantik Versi Kamu #OramiJoinandWin yang diadakan oleh Orami.co.id ini. Sebelum saya ungkapkan apa itu cantik versi saya, kita buka kamus KBBI dulu yuk. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian cantik adalah..

Cantik/can-tik/ 1) elok; molek (tentang wajah, muka perempuan); 2) indah dalam bentuk dan buatannya;

— molek 1) sangat rupawan (tentang orang perempuan); 2) cantik (bagus) sekali antara (bentuk, rupa, dan lainnya tampak serasi);

Kalau kita perhatikan definisi cantik menurut KBBI, cantik itu bisa dalam rupa, wajah, bentuk dan per-buatannya, jadi cantik itu sebetulnya tidak terbatas di fisik saja ya. Saya sepakat! percuma dong kalau wajahnya ayu tenan tapi hatinya tidak bahagia, karena kecantikan hakiki berasal dari hati. Wanita yang paras-nya sedang-sedang saja, sedap dipandang dan hatinya bahagia, wah pasti kecantikannya bakal terpancar dengan maksimal. Ya, menurut saya seorang wanita bakal terlihat paling cantik saat ia bahagia, oleh karena itu, definisi cantik menurut saya adalah bahagia.

Cantik Itu Bahagia

Kebahagiaan yang terpancar akan membuat kita terlihat lebih cantik, aura kita lebih positif dan tentunya akan menarik perhatian dari sekeliling kita. Nah, ada banyak cara untuk bahagia, dari mulai yang butuh banyak uang sampai tidak perlu mengeluarkan sepeser pun. Kita bisa banget merasa bahagia dengan hal-hal sederhana yang kita lakukan lho!

Ini dia 5 cara bahagia agar makin cantik versi saya : 

1. Banyak-banyak Bersyukur

Count our blessings instead of our worries – that’s the first thing that we have to do. Kalau satu hari saja kita memusatkan pikiran dan perhatian kita pada nikmat-nikmat yang sudah Allah SWT berikan pada kita, seperti tubuh yang sehat, bisa tidur nyenyak, rezeki yang nge-pas dimana pas kita butuh pas ada, tetangga yang baik, makanan bergizi yang tersaji di meja, rumah mungil yang nyaman, pekerjaan yang membawa kita keliling Indonesia, anak-anak yang ceria, udara yang minim polusi di pagi hari, sampai ke matahari yang masih terbit dari Timur, wah kalau disebutkan satu-satu ternyata banyak banget nikmat yang Allah SWT kasih untuk kita ya. 

Tidakkah nikmat-nikmat yang luar biasa ini patut kita syukuri? Dan bukankah dengan banyak-banyak bersyukur Allah SWT akan memberi kita lebih banyak kebahagiaan?

“Dan sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya akan aku tambahkan nikmat-Ku kepada kamu..”

[QS. Ibrahim :7]

Lihat teman-teman seperjuangkan sudah punya 3 anak sementara kita baru punya 1 anak, syukuri. Alhamdulillah Allah SWT mempercayai kita dengan 1 amanah, lihat anak yang lincah, jarang sakit, dan cerdas pasti bikin kita bahagia. Bersyukur karena Allah SWT justru memberikan waktu yang cukup bagi kita untuk belajar menjadi Ibu yang baik dan mencurahkan kasih sayang yang cukup untuk anak kita sebelum ia siap berbagi dengan adiknya nanti. 

Punya banyak anak? lebih bersyukur lagi, ingat ada beberapa orang yang mungkin sangat merindukan kehadiran anak di keluarga mereka. Banyak anak banyak rezeki, kaaan. Rumah selalu ramai dengan celotehan anak-anak, nggak bakal sepi deh! 

Kalau belum punya anak? sabar dan tetap bersyukur bisa quality time sama suami dengan bebas, kalau sudah ada anak, apalagi banyak, bakal susah cari waktu untuk nge-date berdua. Belum lagi kalau mau berangkat kemana-mana nggak bisa langsung cuuus, harus memandikan anak dulu, menyiapkan bekal makanan dan pakaian, bawa-bawa gendongan/stroller everywhere we go. Aktivitas kita nggak sepraktis dulu lagi.

Nikmati setiap momen yang kita jalani, berterimakasih-lah pada Allah SWT atas apa yang kita miliki saat ini agar kita selalu bahagia. Karena hati yang bahagia adalah kunci dari kecantikan sejati.

2. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

Kalau dengan membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain yang menurut kita lebih bahagia, lebih keren, lebih prestatif dari kita lalu kita termotivasi, itu bagus. Tapi kalau malah bikin kita makin terpuruk dan kufur nikmat? Wah lebih baik fokus sama diri sendiri dulu. Lagipula, kata ‘membandingkan’ juga kurang tepat menurut saya. Kalaupun mau membandingkan, variabel-nya harus sama persis sedangkan manusia yang kembar indentik saja selalu memiliki perbedaan. Artinya, nggak bijak banget deh membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain.

Setiap orang unik dengan misi penciptaannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu diberi bekal perjalanan yang beda, yaitu : bakat dan kekuatan yang beda. Dan tentu saja, diberi lika-liku hidup yang beda, karena setiap orang dibentuk oleh Allah dengan cara yang beda. Different life for every single person.

– Elma Fitria

Seperti kata Teh Elma, setiap orang itu spesial, dan mengemban amanah penciptaan dari Allah SWT masing-masing. Sah-sah saja mengagumi orang lain, tapi bukan berarti kita bisa membandingkan diri sendiri dengan orang lain mentah-mentah, harus dilihat dulu faktor mana yang membuat kita nggak sama. Saya pribadi lebih memilih untuk set my own goal, mau jadi apa, pencapaian apa yang ingin saya raih tahun ini, dibuat parameternya dan menghargai setiap baby step yang saya lakukan, belajar sabar dari proses yang saya jalani, Alhamdulillah lebih fokus pada visi-misi diri sendiri membuat saya lebih bahagia.

Mulai sekarang, berhentilah membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain, start too feel beautiful about ourselves and be happy!

3. Berbagi Kebahagiaan 

Giving is amazing. Salah satu cara untuk bahagia adalah dengan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitar kita. Contohnya, berbagi cerita bahagia dengan keluarga, berbagi oleh-oleh traveling dengan teman kita, berbagi masakan yang kita buat dengan tetangga kita dan banyak lagi, termasuk berbagi sebagian rizki kita pada orang yang kurang mampu.

 
Sesekali luangkanlah waktu untuk mengasah kepekaan hati kita dengan pergi ke pelosok daerah. Lihatlah anak-anak di kampung yang masih kecil sudah membantu orang tuanya ngarit, pulang sekolah langsung ganti seragam dan ngangon kambing, anak-anak SD yang berjejer di jalan sambil ngais adiknya pake samping sementara Ibunya sibuk berjualan, meski begitu, anak-anak ini selalu tersenyum gembira saat kita sapa. Mereka saja bisa tetap bahagia dengan segudang aktivitas mereka, masa kita nggak? Berbagilah dengan anak-anak ini, bisa dengan mengajari mereka keahlian yang kita punya, sekadar memberikan permen atau membalas senyum polos saat bertemu mereka.

Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan butir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Allah melipatgandakan bagi orang yang dikehendaki. Dan Allah Maha Luas Lagi Maha Mengetahui.

[QS. Al-Baqarah : 261]

Sesekali, kunjungilah panti jompo, bacakan buku, ajak bercanda, dan dengarkan cerita dari orang-orang tua yang lama tidak ditengok anak-cucu-nya ini. Mereka rindu merasa dibutuhkan dan disayangi, dan sedikit waktu yang kita luangkan untuk bercengkrama dengan kakek nenek ini sudah membuat mereka sangat bahagia.

Mainlah ke panti asuhan, lihatlah bayi-bayi lucu yang ditinggalkan oleh orang tuanya disana, ada yang disimpan di depan pintu, ada juga yang sengaja dititipkan dulu dan nanti ketika kondisi Ibu memungkinkan, akan diambil lagi. Bawalah sekardus susu, pakaian bayi atau uang untuk menyantuni mereka. Berbagi bersama mereka akan membuat hidup kita terasa lebih berarti.

Dengan berbagi kebahagiaan kita akan mendapatkan multiple happiness. Kebayang kan? Kebahagian yang berlipat-lipat ini bakal bikin kecantikan kita makin bersinar dan menularkannya ke sekitar kita. Jadi cantik berjamaah dong πŸ˜‰

4. Hindari Pundung-pundungan

Laa taghdob walakal jannah” – Jangan marah, maka bagimu surga [HR. Thabrani].

Siapa mau surgaaa? Wah semua ngacung yaa πŸ™‚ Rasulullah menganjurkan kita untuk menahan amarah/ngambek/pundung-pundungan, karenaaa kalau kita berhasil menahan emosi insya Allah akan mendapatkan tempat di surga. Susah sih buat nggak mudah pundung ketika ada hal yang mengusik kebahagiaan kita, tapi bukan berarti kita nggak bisa mencoba menahan diri ketika akan marah kan? 

Lagipula coba kita pikir baik-baik, saat kita marah pasti muncul kerutan-kerutan di wajah kita, mulut kita manyun-manyun berbusa, wah ini bisa bikin kita less beautiful lho! Makannya penting banget yang namanya mengelola emosi. Hindari hal-hal yang memicu amarah kita, lakukan meditasi sederhana seperti menyendiri beberapa saat, melipir ke taman lihat yang hijau-hijau bikin penat hilang, atau di rumah bisa dengan berwudhu – sholat – curhat sama Allah SWT minta agar feeling kita positif lagi, dengarkan musik yang menenangkan pikiran pas jam istirahat di kantor, tarik nafas dalam-dalam lalu keluarkan pelan-pelan saat lagi pundung dan latihan untuk selalu tersenyum supaya emosinya jadi cantik kembali.

5. Smile More!

Pakai lipstik berkualitas yang dibeli di orami.co.id tapi ogah senyum? Waaah perona bibirnya nggak akan bikin kita makin cantik dong, yang ada malah orang lain bakal males dekat-dekat sama kita. Bakal kalah deh sama perempuan yang pakai lip balm tipis-tipis tapi senyumnya selalu merekah, pasti wanita ini terlihat cantiiik sekali.

There is a saying, “A smile is the best makeup a girl could wear” by Marilyn Monroe. So, put on your best make up and smile dear beautiful woman πŸ˜‰ 

Kebahagiaan yang terpancar dari dalam diri seorang wanita akan membuat wanita terlihat makin cantik. Tapi bukan berarti kecantikan fisik itu nggak perlu diperhatikan. 

Pernah dengan hadist riwayat Muslim yang ini, kan? “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan”. Artinya kita juga wajib menjaga kecantikan fisik kita. Nggak perlu dengan kosmetik mahal-mahal kok, cukup dengan mandi teratur dan rajin menggosok gigi, memakai lotion dan bedak sebelum keluar rumah agar kulit kita terjaga dari teriknya sinar matahari, menyemprotkan deodoran spray agar ketiak kita tidak bau dan bikin orang lain nyaman berada di dekat kita, mengenakan pelembab bibir agar tidak kering selama beraktivitas, dan mengenakan pakaian yang bagus agar indah dilihat. Kalau sabun, shampoo, odol, dan kosmetik kita habis, belanja online dulu aja di Produk Kecantikan dan Kesehatan Orami, shopping juga salah satu cara ibu-ibu untuk merasa happy πŸ™‚

Okey, inilah cantik versi saya, yaitu kecantikan yang berasal dari hati yang bahagia. Yuk praktekan 5 tips cara bahagia yang saya tulis ini, dijamin saat bercermin kita bakal terlihat lebih cantik πŸ˜‰

Cantik itu bahagia.

Be happy, be beautiful!

Terimakasih sudah mampir πŸ™‚ Oia, tulisan ini juga saya ikutsertakan dalam lomba blog #OramiJoinandWin 

Lomba Blog #OramiJoinAndWin
Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Keren! Semoga menang ya Ibu Cantik.

    1. Hahaa iya teeeh nuhun πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s