9 Makanan Yang Wajib Kamu Coba Saat Ke Bangkok

Delicious Mango Sticky Rice

Minggu ini dapat kabar baik dari Teh Shanty, dimana 91 orang yang konsisten menulis minimal 1 post per minggu boleh memasang logo grup ODOP For 99 Days di blog masing-masing, aaand I’m one of them, Alhamdulillah. Dan minggu ini, ada banyak hal menarik yang ingin saya bagi sebagai oleh-oleh traveling ke Bangkok 1-5 Mei 2017 ini. Saya akan mulai dari makanan yang saya cicipi selama di Bangkok yaa.

Mencari makanan yang halal di Bangkok tidak begitu sulit, di Seven Eleven pun banyak variasi makanan yang bisa kita pilih dengan catatan harus teliti, lihat ada unsur non-halalnya atau tidak. Di mall dan pasar pun ada satu-dua gerai yang menjual hidangan yang halal, biasanya mereka menempel logo halal di gerobak/depan tempat makannya, bisa juga dengan bertanya langsung pada kasir/pramusasji di restoran seperti saat kami makan siang di depan Grand Palace. Dari banyaknya makanan yang saya coba, berikut ini 8 makanan yang saya rekomendasikan untuk dicoba saat teman-teman main ke Bangkok :

1. Mango Sticky Rice

Street Food Mango Sticky Rice

Ini adalah makanan yaaang pertama kali saya coba begitu mendarat di Bangkok. Kami tiba di Bandara Dong Mueang sore hari, langsung istirahat ke hotel. Malamnya, kami berencana untuk wisata kuliner di Neon Market namun sayangnya night market yang menjual berbagai makanan ini tutup di hari Senin. Jadilah kami pergi ke Platinum, mall yang mirip BTC kalau di Bandung mah, tapiii mau tutup juga (ternyata tutup jam 8 malam). Beruntung di depan mall-nya lagi ada food festival, ada sih makanan yang halal, seafood gitu ada prawn, squid, crab yang dijual dengan harga 600 Baht, wah dipikir-pikir sayang juga kalau hari pertama sudah harus merogoh kocek sebesar itu. Akhirnya pilihan kami jatuh pada buah-buahan, selain insya Allah halal, unik dan fresh, mango sticky rice ini enak lhooo!

Mango sticky rice is a Bangkok signature I guess, ini salah satu makanan unggulan di Bangkok yang wajib dicoba. Buah mangga-nya maniiis sekali, ketan putihnya dibanjur dengan santan jadi lebih yummm. Harganya 100 Baht di food festival ini, kalau di rumah makan depan Grand Palace harganya 99 Baht (foto paling atas).

2. Buah Kelapa

I dont really know how they name it there, supaya mudah, saya menyebutnya buah kelapa. Kenapa? Karena minuman seharga 100 Baht ini disajikan di dalam daging buah kelapa utuh yang dibolongi bagian atasnya saja untuk dimasukkan sedotan. Berbeda dengan air kelapa di Indonesia yang daging buah kelapanya diserut, yang ini mah semuanya dikeruk bulat-bulat. Tekniknya gimana saya kurang tahu, yang jelas this is very unique! Saat kita seruput bakal terasa air kelapanya, dan kalau mau makan buah kelapanya tinggal kita suir-suir dengan tangan deh hehe..


3. Tom Yum Kung

Belum afdol rasanya kalau berkunjung ke Bangkok dan ngga mencoba Tom Yum Kung aseli Thailand. Ini dia Tom Yum Kung yang saya pesan di Nai Fhun, restoran di depan Grand Palace. Sebelum memesan, kami bertanya dulu pada kasirnya “Halal food?”, dan dia mengangguk seraya meminta kami naik ke lantai 2. Menu-menu yang disajikan antara lain, tom yum, nasi ayam, nasi goreng, mie, ada juga mango sticky rice dan berbagai jus. Saya langsung memesan 1 porsi tom yum kung.
Setelah dimakan, bagaimana rasanya? Ternyata tom yum disini rasanya lebih asam dan sedikit lebih pedas dari tom yum yang biasa saya makan di Indonesia/Malaysia. Nah di dalam mangkok-nya pun terdapat beberapa irisan tomat, jadi makin sour sih tapi tetap terasa enak dan hangat di perut.

Creamy Tom Yum (pic from yummy.ph)

Ada 1 tom yum lagi yang saya makan dari gerobak Halal Food di dekat Hotel, yaitu creamy tom yum. Rasanya lebih enak, lebih asam dan pedas juga, isiannya lebih banyak, ada udang, ayam, bakso dan jamur. Turn out, saya lebih suka creamy tom yum daripada tom yum biasa atau disebut juga clear tom yum – kata Mbak Yusty yang tadi berkunjung kesini -, meski keduanya sama-sama taste really good. Saya ngga sempet memfoto creamy tom yum-nya karena hungry dan doyan jadi langsung ludes, jadi fotonya saya ambil dari yummy.ph.

4. Mint Chicken (Nasi Ayam Pedas)

Ini adalah nasi dengan tumisan ayam yaaang pedas, disebut mint chicken (lagi kata Mbak Yusty, thanks ya Mbak atas masukannya). Saya makan ini waktu di Pattaya, harganya 50 Baht. Ayamnya dicincang kecil-kecil, rasa pedasnya bukan dari cengek/cabe melainkan beberapa herbs yang saya kurang tau apa itu, mirip daun mint-lah. Rasanya? Enak, pedas, bikin kenyang dan nagih! saya mau coba bikin yang seperti ini kapan-kapan, dengan modifikasi resep tentunya.

Baca juga : 8 Thailand Snack Yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh


5. Nasi Goreng Sarden

Pic from Pinterest

Kalau yang ini masih dari gerobak Halal Food di dekat Hotel. Nasi goreng sardennya termasuk becek but surprisingly lezaaat. Sarden-nya dari ikan sarden kalengan, ditambahkan potongan cabai tipis-tipis. I also want to try to make this at home. Karena saya lupa memotret (saking lahapnya saya makan), jadi untuk Nasgor Sarden ini fotonya saya comot dari Pinterest

Ada lagi nasi goreng udang, yang unik adalah bawang daunnya yang masih utuh ikut disajikan dipiring, mungkin orang Thailand makan nasi gorengnya sambil menggigit bawang daun ya 🙂

6. Jus Semangka

Ini minuman yang dipesan oleh teman kami, lucu deh buah semangka-nya di jus dan disajikan dengan cangkang kulit semangkanya.

7. India Food

Kalau ke mall atau pusat wisata dan bingung mau makan dimana, cobalah mendekat ke restoran india. Biasanya mereka menjual halal food. Tentu saja kami pastikan dulu mereka menyajikan daging apa saja dan bertanya langsung pada pemiliknya seperti saat kami makan di Asiatique. Kami bersantap malam di Siam India dan pemilik restorannya yang juga satu-satunya orang yang bisa berbahasa inggris disana mengatakan kalau beliau hanya menjual makanan yang halal. Kami memesan 2 macam ayam, yang pedas dan tidak pedas untuk anak-anak kami. Anak-anak juga mendapatkan piring kecil sendiri. Nasinya terasa lebih tawar, kalau nasi Indonesia kan ada rasa manis-manisnya yaa.

Di Pattaya pun kami sempat memesan makanan India di food court Mall Central Marina, ini dia makanan yang kami pesan. Banyak ya? Hehe. Kami diberi saus sebagai pelengkap, tapi bukan kecap dan sambal melainkan tamarind and mint sauce. Karena saya cenderung suka dengan masakan India jadi terasa lumayan enak saus-nya buat saya, meski yang lain prefer not to add that to their food hehe. 

8. Makanan Dari Seven Eleven

Seperti yang sudah saya katakan di atas, di Seven Eleven pun ada banyak pilihan frozen food yang bisa kita hangatkan dulu setelah membayar. Ada burger, sosis, onigiri, nasi telor, nasi goreng udang, nasi goreng kepiting, bihun goreng, spaghetti, Pop Mie Indonesia juga ada! Saya beli ini ketika perut saya mulai kangen dengan masakan Indonesia hehe.

Makanan dari Sevel kesukaan saya adalah nasi goreng sosis, enaaak banget sosis ayamnya dan nasi gorengnya kaya akan sayuran seperti kacang polong, jagung dan wortel. Saya juga suka dengan onigiri isi grilled Salmon 🙂
9. Buah Lengkeng Bangkok

Buah-buahan disana juga segar, besar dan murah lho, terutama lengkengnya, this one also worth to try selain mangga dan semangkanya.

Baca juga : 8 Thailand Snack Yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Okey itulah 9 makanan halal di Bangkok dan Pattaya yang bisa saya rekomendasikan buat teman-teman yang mau main ke Bangkok. Terimakasih sudah mampir, semoga bermanfaat yaa 🙂 oia beberapa pembaca menyarankan untuk mencoba Mango Salad, Thai Ice Cream di depan patung Buddha Sleeping, Nachos dan Es Krim gulung Thailand, karena saya belum mencobanya hopefully kalau ada rezeki berkunjung ke Bangkok lagi saya bisa mencicipi makanan-makanan tersebut. Kalau ada yang mau menambahkan lagi boleh banget yaa, please leave your comment below, thank u again!

Advertisements

9 Comments Add yours

  1. mutiah says:

    mau itinenary nya dong kalau ada… terima kasih 🙂

  2. Pingback: Sundariekowati
  3. Fanny f nila says:

    kuliner thailand itu ga pernah bikin bosan… ini termasuk negara yg aku srg datangin berkali2, saking sukanya ama kuliner mereka dan harga barang2nya yg masih murah banget 😉

    trutama buah2an, kayaknya tiap aku beli buah di sana, semuanya manis dan seger2 bgt ya mba… sumpah suka bgt ama mangganya dan jambu biji… dulu aku srg beli tiap hari, untuk cemilan kalo lg di sana.. manggo sticky ricenya juga juara lah… tp pernah sekali aku dpt yg rasa mangganya hambar, pas di chiang mai…. mengurangi rasa jadinya….

    kalo tom yam mereka mah,, itu favoritku dari dulu :D.. enaaak, pedes… yg creamy ato clear aku suka 2-2 nya mba 😀

    1. Iyaaa buah-buahannya juara! Rasanya pengen balik lagi trus ngeborong buah2annya buat di bawa ke rumah but duren tetep expensive yaa hehehe

  4. yulijannaini says:

    widihhh.. semoga bisa kesanaaa…
    aamiin….

  5. Wah mba bikin laperrr 😆😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s