8 Thailand Snack Yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Assalamu’alaykum. Bismillahirrahmaanirrahiim. Masih dalam suasana semangat bagi-bagi cerita #travelingkeluarga ke Bangkok dan Pattaya kemarin, saya mau sharing tentang  8 Snack Thailand Yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh include minuman dan yang lain-lain juga, judulnya sengaja dibuat begitu supaya ngga terlalu panjang. Piiis boleh yaa.

Sedikit bocoran, di Bangkok itu harga barang-barangnya terjangkau dan yang paliiing bikin happy pas belanja tas, ada tas ransel, tas jinjing, tas buat kondangan, pashmina, gantungan kunci, mini tuk-tuk, clutch, dompet kecil, tempat pensil dan magnet kulkas di toko Kun Fai namanya. Selain murah, belanja banyak dapat diskon plus hadiah daaan abang penjualnya bisa bahasa Indonesia, salah satu toko di kawasan Asiatique ini juga menerima pembayaran dengan rupiah lho! Ini yang bikin kami belanja di satu tempat itu doang, selebihnya belanja oleh-oleh makanan di Supermarket Big C, sama beberapa baju di pasar Pratunam.

Banyak hal menarik di Bangkok yang open up my mind dan ingin saya tulis, but for now, nyambung dengan postingan saya minggu lalu tentang 9 Makanan Yang Wajib Kamu Coba Saat Ke Bangkok , minggu ini saya masih ingin cerita seputar makanan. Selama di Bangkok dan Pattaya, selain makan berat, kami juga membeli snack dan minuman. Makanan disana lucu-lucuuu banget deh dan sangat bervariasi, tapiii memang agak tricky untuk mencari which one is halal and which one is not karena ngga semua produk memiliki label halal, apalagi saat memastikan ingredients-nya apa aja di bagian belakang kemasan, tulisannya pakai bahasa Thailand, wah saya bahkan tidak tahu cara membacanya :)) sekilas mirip aksara sansekerta, mungkin beririsan, tapi berbeda.

Otomatis kami pilih yang berlogo halal or at least yakin ngga ada unsur non-halal-nya. Sebelumnya saya mau meminta maaf karena ada beberapa makanan dan minuman yang ngga sempat saya abadikan (langsung makan aja gitu) jadi beberapa foto saya ambil dari internet ya. Dan inilah 8 Snack Thailand Yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh (menurut saya) :

1. Koko Krunch Cereal Bar

Koko Krunch batangan ini kami beli di Seven Eleven di dekat Hotel Grand Alpine Bangkok. Kalau di Indonesia ada kasih tau yaa 🙂 Aisya yang pertama kali lihat dan bilang kalau mau Koko Krunch Cereal Bar ini, lalu kami ambil dan bayar. Dari website nestle-cereals.com saya mendapatkan informasi carefully selected ingredients yang ada di dalam Koko Krunch Cereal Bar ini, they are :

Cereal Grain [Wheat whole grain (33.6%) (gluten), rice], sugar, glucose syrup, barley malt extract [(Barley, malted barley) (gluten)], Palm oil, Dextrose monohydrate, humectant (E422), freeze-dried strawberries (3.0%), mineral (calcium carbornate, iron pyrophosphate, reduced iron), partially inverted brown sugar syrup, dried cranberries (Cranberry, sugar), salt flavouring, acidity regulator (E339, E330), emulsifier (monoglycerides, E322), Vitatmin (B3, B5, B6, B2 and folic acid), Antioxidant (E307b). Allergen Informatio: Contains cereals containing gluten. May contain traces of tree nuts, milk and soyabean products.

Ternyata rasanya enak lhoo, ukuran sereal didalam-nya lebih kecil dari ukuran sereal biasa, dan bagian bawahnya dilapisi cokelat putih. Aisya and I like it! Sayangnya kami hanya beli sedikit, buat dicemilin selama di perjalanan dan hanya sisa satu lagi saat sampai ke Jakarta, padahal menurut saya snack yang satu ini bisa banget dijadikan oleh-oleh untuk adik-adik dan keponakan kami. Harga per batangnya 20 Baht (Rp. 8000).

2. Pejoy

Pejoy itu mirip Pockey, tapi ukurannya sedikit lebih besar dan bagian dalamnya diisi cokelat. Buat saya ini lebih enak dari Pockey, rasanya juga bermacam-macam. Unfortunately (lagi) karena masih coba-coba kami hanya beli satu yang rasa matcha, banyaknya beli Pocky rasa pisang, enak juga tapi manis banget, still I prefer Pejoy.

Mengenai ke-halal-an Pejoy ini bisa dilihat di web Glico.com ya, berikut kutipannya dari situsnya :
With awareness in the Muslim consumer requirement, we introduce products permitted under the Islamic Law and achived (Halal) certification from The Central Islamic Council of Thailand.

3. Chewy Milk Candy

Logo halal di belakang kemasan

Permen dengan aneka rasa buah yang kenyal 🙂 anak-anak pasti suka nih (orang dewasa aja suka). Kami beli banyak untuk diberikan ke keponakan dan teman-teman di kantor suami, ada rasa strawberry, watermelon, cherry, taro, dan lechy.

4. Banana Milk

Logo halal khas Thailand

Wah ini! Minuman yang sempat hits dan dicari oleh suami dan teman-temannya. Di Indonesia ada, tapi mumpung lagi di Bangkok dan harga disana lebih murah jadi kami beli banyak. Susu pisang ini enak, Aisya, suami, adik ipar dan saya pun suka 🙂

5. Madu Raja

Ternyata kualiatas madu di Thailand juga terkenal bagus, salah satunya madu Raja. Saat kami lagi ngecengin madu-madu di Mall Central Marina Pattaya, mbak penjaganya bilang, “This is product of the King” dan merupakan best seller honey. Harganya 245 Baht/botol, botolnya pun terbuat dari plastik jadi relatif lebih aman (kemungkinan bakal pecah saat kebadug-badug di koper lebih kecil). Kami beli madu ini untuk Bapak saya. Rasanya manis, enak, dan Bapak saya suka.

6. Thai Tea dan Teh Tarik

Teh tarik merk Owl yang halal

Ini juga mumpung lagi di Big C, sekalian saja beli Thai Tea dan Teh Tarik Thailand untuk dibagikan ke keluarga dan teman-teman (terutama teman-teman di kantor suami yaa). Thai Tea dam Teh Tarik dari Thailand, oleh-oleh yang pas, kan? 🙂

7. Bumbu Tom Yum

Bumbu tom yum halal

Naaah, buat saya dan teteh ipar yang pada suka masak, kami beli bumbu Tom Yum baik yang clear tom yum maupun creamy tom yum. Buat dimasak dan dimakan bareng-bareng sambil nyeduh Thai Tea enak nih 🙂

8. Manisan Kiwi dan Mangga

Halal Dehydrated Fruit

Sebetulnya ada dua manisan yang kami beli untuk oleh-oleh, ada dehydrated kiwi dan dried mango. Setelah kami coba, rasa yang dried mango lebih enak lhoo, tapi yang dehydrated kiwi juga enak 🙂 therefore kami merekomendasikan manisan mangga dan kiwi ini untuk dijadikan oleh-oleh.

TADAAA, itulah 8 snack, termasuk madu, susu, bumbu tom yum, thai tea yang kami beli dan kami rekomendasikan buat teman-teman yang mau beli oleh-oleh selain tas, baju dan barang lainnya. Hampir semuanya kami beli di Supermatket Big C dan sebagian kecil di Seven Eleven di dekat Hotel. Ada yang mau menambahkan list oleh-oleh makanan ringan? Lemme know yaa 😉 thanks for visiting my blog fellas.

Advertisements

10 Comments Add yours

  1. zefy arlinda says:

    Aku naksir manisan kiwi dan mangganya mbak

    1. Wah iya nih mba manisan mangga-nya enak 🙂

  2. wah makin aja pengen ke Thailand apalagi mb sebutin tas murah disana 😂🤣
    aku belm pernah dpt oleh2 makanan khas Thai kek mba sebutin paling dpt gantungan kunci gajah doank 🤣😂 makasi sharingnya mba doakan aku nyusul ya kesana 🙏🏻

    1. Iyaa Mbaaa murah-murah banget tas disana terutama di toko Kun Fai (aku ga diendorse lho ya ini), asli pengalaman pribadi. Di KunFai Asiatique ini malah lbh murah dibanding sama pasar Pratunam. Insya Allah aku doakan ya Mbaa spy bs belanja2 ke Bangkok 😉 thanks for visiting my blog mba Herva.

  3. winda reds says:

    Dried mango FTW! 😍😍😍

    Pejoy udah ada di minimarket dan supermarket Indonesia, ya. Walaupun saya termasuk #teamPocky 😁😁

    TFS Mbak, infonya sukses bikin ngiler, slurp!

    1. Sayangnya Pejoy & Pocky di Indonesia belum berlogo halal ya mba? Klo produk Glico di Thai memang halal dr web-nya.. Aku jg suka pocky, gmn atuh mba? 😥 hehe

      1. winda reds says:

        Wah, pokoknya Pocky selalu di hati ya, Mbak! Hehehe..

        Iya, ini label halalnya belum ada. Bismillah aja sih setiap makan, semoga nggak bawa ‘apa-apa’ ke badan dan jiwa 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s