Bicara Kontrasepsi Sama Dr. Lula Sp. Og #berKBtetaplangsing

Assalamu’alaykum emak-emak, terutama para emak(s) yang lagi memilih-milih alat kontrasepsi πŸ™‚ hihi, bahasannya dewasa banget yaa ini, ga apa-apalah yaa namanya juga udah Ibu-ibu, sudah saatnya #bicarakontrasepsi
Hm, mulai dari mana yaa enaknya? Dari grup WA #ODOPfor99days deh ya. Beberapa hari yang lalu, teh Shanty mem-post foto di grup, karena memori hp saya penuh, saya hapus dulu beberapa foto dan video yang ada lalu pencet aplikasi ‘Bersihkan’ sehingga tersedia cukup ruang untuk mengunduh foto di WA. Saya langsung tertarik buat daftar setelah membuka foto-nya, beruntung sekali karena IIP dapat slot 10 kursi di acara tersebut. Pas banget juga saya ingin bertanya langsung sama ahlinya tentang KB. Tepatnya efek dari berhenti menggunakan KB, hehe.

Kalau beberapa saudara dan tetangga biasanya BB-nya naik saat masih ber-KB, saya malah naik drastis berat badannya setelah stop memberikan injeksi pada hormon saya melalui suntik KB yang 3 bulan sekali. Terhitung sejak Januari 2016 bertepatan dengan masa menyapih Aisya, dua bulan kemudian BB saya naik 10 kg! BB saya saat hamil Aisya 9 bulan saja hanya mencapai 51 kg, kok sekarang jadi 53 kg ya? I’m in teaaars haha :p

Saya ingin memastikan apakah BB saya yang naik ini merupakan efek saya tidak ber-KB lagi atau bukan? Berbekal pertanyaan ini, saya pun mantap menghadiri acara yang diselenggarakan oleh PT. Bayer Indonesia.

Bicara Kontrasepsi Bersama Dr. Lula Adilia Sp. Og #berKBtetaplangsing

Senangnyaa dapat hadiah dan berfoto sama Dr. Lula setelah mengajukan pertanyaan

Yap, acara yang saya hadiri bersama puluhan blogger lainya ini bertajuk “BICARA KONTRASEPSI : Ber-KB Tetap Langsing” yang berlangsung di Rumah Jelajah Rasa, Rabu 17 Mei 2017 lalu, dan menghadirkan Dr. Lula Adilia Sp. Og sebagai nara sumbernya.
Eh bentar, sekarang Mami Jasmine jadi blogger? Hahaa.. Kayaknya keren gitu ya jadi blogger, tapi saya belum percaya diri ah kalau bilang saya blogger. Pas kemarin ngisi presensi dan ditanya, “Dari komunitas apa, Mbak?” sama panitia acara, saya bingung dan jawabnya polos, “Dari komunitas apa yaa? Dari Teh Shanty pokoknya infonya”. Hahahaaa.. Aduh teh Shanty, maafkan aku yang cupu. Lalu saya mencari nama saya dan ketemu! Disana sudah tertera keterangan kalau saya termasuk blogger IIP. Aih, Bu Septi kayaknya saya harus ikutan matrikulasinya nih hehe. Selain saya, hadir juga Rahma dan Mba Lendy dari grup Odop, baru temu muka dan kenalan di acara ini, salam kenal yaa πŸ™‚

Selain ketemu sama teman-teman Odopers, saya juga kenalan sama beberapa Ibu dari komunitas Emak Blogger dan Emak Pintar, waaah para emak memang haus akan ilmu ya! Senangnya bisa ikutan acara ini, menambah wawasan, teman dan Aisya juga main dengan anak-anak lain selama acara berlangsung. Mami-nya happy anaknya apalagi, maklum di rumah kan tiap hari seringnya berdua jadi begitu banyak teman Aisya bahagia.

Baca juga : Belajar Jadi Ibu Dan Bersenang-senang Dengan Anak

Sekarang kita bahas apa aja yang dibicarakan selama Healthy Lunch ini yaa, let’s go!

Mengenal Berbagai Metode Kontrasepsi

Sebagai pembuka, Dr. Lula Adilia Sp. Og memaparkan dulu jenis-jenis kontrasepsi. Sebagian besar dari Ibu-ibu pasti sudah tahu ya apa aja, seperti :

1. Kalender, ini adalah metode kontrasepsi paling mudah dengan catatan kita harus hapal betul kapan masa subur kita dan memilih saat kita tidak berada dalam masa subur untuk berhubungan

2. Implant di bawah kulit (dikenal juga dengan sebutan susuk) yang ditanam di bawah kulit, metode ini jarang dilakukan oleh orang Indonesia

3. Vaginal Ring (spiral), kini sudah tidak ada lagi KB spiral, digantikan oleh IUD 

4. Kondom

5. KB permanen yang pada wanita disebut tubektomi (steril) dan istilah untuk pria adalah vasektomi dengan melalukan pembedahan ringan pada tuba falopi (pada wanita) dan saluran sprema (pada pria)

6. IUD (intrauterine device), untuk penggunaan IUD ini harus dikontrol secara berkala (1 tahun sekali) dan dipasang paling lama 5 tahun lalu diganti dengan yang baru. Berbeda dengan KB suntik dan pil, pemasangan IUD tidak memberi pengaruh pada hormon. Bentuknya seperti huruf T tapi ga semua wanita bisa memasang IUD, harus dicek dulu rahimnya oleh dokter, jika ukurannya pas maka bisa dipasang

7. KB Suntik yang terbagi atas KB suntik per bulan dan KB suntik per tiga bulan. Untuk KB suntik per bulan tetap membuat siklus haid lancar, sayangnya ASI bisa kering bagi ibu yang masih menyusui. Dan untuk KB suntik per tiga bulan, ASI tetap lancar namun siklus haid tidak teratur bahkan bisa tidak haid sama sekali. Dampak lainnya adalah kembalinya kesuburuan lebih lama setelah berhenti melakukan injeksi

9. Pil KB, ini yang akan dikupas lebih banyak disini.

Sebenarnya ada metode KB lainnya namun jarang dipraktekan di Indonesia jadi saya hanya menuliskan 9 jenis KB yang familiar dilakukan di bumi pertiwi ini saja yaa. Saya hanya pernah menggunakan KB suntik (3 bulan sekali) selama 2 tahun, selama satu tahun ini setelah berhenti ber-KB, haid saya sudah teratur namun berbeda-beda tiap bulannya, kadang 1 minggu pernah juga hanya 3 hari. Saya pikir mungkin hormon estrogren dan progesteron di dalam tubuh saya masih butuh waktu untuk bisa stabil lagi. Meski saya belum ada keinginan untuk ber-KB lagi tapi ga ada salahnya saya bagi-bagi info terutama tentang pil KB ya. Yuk mari πŸ™‚

Pengertian, Cara Kerja & Mitos Pil KB

Pil KB itu kan pil yang diminum setiap hari untuk mencegah terjadinya ovulasi (pembuahan), betul kan? Simple-nya sih gitu. Kalau pengertian ilmiahnya begini. 

1. Pengertian Pil KB

Pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi paling efektif, dimana 1 pil diminum setiap harinya pada waktu yang sama. Kenapa disebut paling efektif? Karena tingkat kegagalan dari penggunaan pil KB ini hanya 0,1 % sedangkan tingkat kegagalan KB suntik 0,3% dan kondom 0,6 %. Nah supaya bekerja dengan baik, pil KB HARUS dikonsumsi setiap hari secara rutin di wakti yang sama.

2. Cara Kerja Pil KB

Di dalam Pil KB terdapat kandungan estrogen dan progesteron dalam kadar rendah, hormon buatan yang menyerupai hormon alami pada tubuh wanita. Seperti yang kita ketahui, dua hormon di atas berperan dalam mengatur siklus menstruasi (sampai disini saya mau bilang Subhanallah, keren banget Allah SWT yang menciptakan segala sesuatu dengan detail dan ilmiah juga sama para ilmuan yang mampu meneliti dan menamai hormon-hormon yang bekerja dalam tubuh kita, khususnya wanita). 

Setelah dikonsumsi dengan teratur, pil KB ini akan bekerja dengan 3 cara, yaitu : mengatur hormon sehingga proses ovulasi atau pematangan sel telur bisa dicegah, mengentalkan lendir mulut rahim sehingga sperma sukar mencapai sel telur, dan membuat kondisi dinding rahim jadi tidak sesuai untuk perekatan embrio.

Sebetulnya, pil KB yang beredar di pasaran tidak selalu sama, ada pil KB yang sudah mengalami inovasi seperti pil KB dari Bayer ini yang mengandung drospirenon. Apa kelebihan Pil KB dengan Drospirenon? Saya akan share setelah teman-teman menyimak Mitos & Fakta Pil KB melalui gambar berikut ini.

3. Mitos dan fakta seputar pil KB

Masih banyak wanita yang khawatir menggunakan pil KB (termasuk saya) karena termakan mitos-mitos di atas, semoga gambar di atas memberi penjelasan yang melegakan tentang Pil KB yaa.

Pil KB Dengan Drospirenon

Salah satu produk yang dikembangkan oleh Bayer adalah pil KB berwarna oranye yang mengandung drospirenon. Pil KB dengan drospirenon ini dikemas dalam strip yang berisi 24 pil aktif (model lama terdiri atas 21 pil aktif). Ada beberapa manfaat tambahan yang diberikan oleh pil KB dengan drospirenon ini. Sebelumnya saya mau kasih tahu dulu manfaat lain pil KB (non-drospirenon) selain sebagai alat kontrasepsi yaa.

Manfaat lain pil KB antara lain :

1. Membuat haid teratur

2. Menurunkan risiko terkena kista ovarium

3. Menurunkan risiko terkena angka kejadian mioma uteri

4. Menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan endometrium

5. Menurunkan risiko tumor jinak payudara

6. Menurunkan risiko terkena penyakit radang pinggul

7. Menurunkan risiko terjadinya pendarahan menstruasi berlebihan dan juga anemia akibat kekurangan zat besu

8. Menjaga kepadatan tulang

9. Mengurangi angka terjadinya kanker kolon dan rektal

10. Mengurangi risiko terjadinya artritis rematoid

Untuk pil KB dengan drospirenon, ada manfaat tambahan lagi. 

Manfaat Tambahan Pil KB Masa Kini Dengan Drospirenon

Manfaat tambahannya yaitu :

1. Drospirenon membantu menjaga kestabilan berat badan saat penggunaannya karena tidak terjadi retensi cairan (penahanan terus-menerus zat/cairan dalam tubuh).

2. Tidak terjadinya fluktuasi hormon sehingga membantu wanita terbebas dari sindrom prahaid (PMS) setiap bulan seperti moody, mudah tersinggung, mudah sedih, perut begah dan lain-lain.

3. Masalah jerawat ringan hingga sedang teratasi dengan drospirenon.

Dengan banyaknya manfaat dari pil KB ini mungkin banyak dari kita (yang sudah membaca) akhirnya tertarik menggunakan pil KB dengan drospirenon ini sebagai metode kontrasepsi. Tapi jangan buru-buru mengkonsumsi ya, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter yang kita percaya sebelum menggunakan pil KB supaya mendapatkan formula pil KB yang sesuai dengan kondisi tubuh kita.

Also, we have to know, pil KB ini ga bisa dikonsumsi semua orang. Di gambar ini bisa kita lihat siapa yang boleh menggunakan pil KB dan siapa yang tidak dianjurkan untuk menggunakan pil KB πŸ™‚

Ok sekian yang bisa saya bagi, makasi sudah membaca yaa, semoga apa yang saya tulis bisa memperkaya pengetahuan kita tentang metode kontrasepsi dan kita bisa memilih dengan bijak apakah mau memakai pil KB atau menggunakan metode kontrasepsi lainnnya, atau juga seperti saya yang memilih untuk ga ber-KB dulu, hehe. Oia ada yang penasaran ga sama jawaban dokter Lula atas pertanyaan saya? Ini dia jawaban dokter Lula, beliau bilang naiknya BB saya bukan disebabkan berhenti ber-KB namun karena saya telah menyapih sementara nafsu makan saya masih tinggi, jadi semua asupan yang masuk diserap oleh tubuh saya, waktu masih menyusui kan disalurkan dalam bentuk ASI ya, jadi saya tetap kurus walau makan banyak. Lantas gimana dong supaya kurus lagi? I’m still working on it hahaa. 

Ada cerita lucu tentang BB saya ini, meskipun sudah naik tapi entah kenapa mindset saya masih saja sering berpikir kalau saya masih kurus, jadilah waktu main ke Bangkok pas beli baju milih size M. Saya pikir bakal agak lebar dipakai oleh saya, begitu dicoba ternyata nge-pas dong! Wahaha mulai sekarang harus pakai ukuran L kayanya, eh tapi selain baju, tas dan souvenir lain yang murah-murah, 8 Thailand Snack Ini Cocok Dijadikan Oleh-oleh lho, mampir ya Mak (oot dikit hehe).

Hadiahnya tas mini yang langsung diisi ‘kosmetik’ milik Aisya

Yang bikin tambah happy ikutan event ini adalaaah dapat hadiah karena pertanyaan saya dinilai bagus, semua penanya dikasi hadiah kok, artinya semua bagus. Hadiahnya tas kecil ini nih, wah kebetulan pisan saya lagi mengidamkan tas seperti ini buat traveling supaya body lotion, cream, minyak telon, sikat gigi, odol Aisya, sunblock sikat gigi, odol, shampoo, sisir Mami Daddy bisa masuk ke dalam satu tas. Begitu sampai ke rumah, buka bungkusnya dan langsung memasukkan ‘kosmetik’ Aisya ke dalam tas jinjingnya πŸ™‚ Alhamdulillaaaah makasi Bayer buat event-nya dan thank you teh Shanty buat infonya πŸ™‚ next time semoga bisa ikutan lagi acara bareng blogger lainnya ya. Amiin.

For further info please kindly click www.bicarakontrasepsi.com πŸ™‚

6 Comments Add yours

  1. Saya mencari KB yang bikin montok. Selama ini pakai IUD dan tetap tipis aja. Ha…ha…

  2. Dwi Septiani says:

    Akuhh.. masih KB Indomaret aja mbak.. hahahah.. mau pasang IUD kynya harus bertapa dulu.. ngumpulin keberanian.. pfftttt..

  3. ayanapunya says:

    Saya kemarin baru suntik kb 3 bulan, mbak. Kata bidannya mungkin bakal ada efek samping mual, pusing atau flek yang lama. Tapi sampai hari ini saya nggk merasakan salah satu efek samping tersebut

    1. Alhamdulillah mba πŸ™‚ saya 2 tahun KB suntik efeknya ga mens aja sama suka pusing. Klo mual dan flek Alhamdulillah g ada mba. Masih menyusui ya mba?

      1. ayanapunya says:

        Iya masih. Anaknya masih 5 bulan. He

  4. Hayo mba ndri ikutan kelas matrikulasinya hehee wah ini materi buat bekal nanti nih, makasih ya mba 😘😘

Leave a Reply

