Nasi Goreng Sarden #MenuBukaPraktis

IMG_20170530_200636

Bismillahirrahmaanirrahiim.
Ramadan kali ini mengajarkan saya untuk bisa disiplin. Saya mulai disiplin untuk tidur paling lambat pukul 11 malam dan bangun pukul 3 pagi untuk menyiapkan sahur. Pagi hingga sore pun saya menjadwalkan apa-apa yang harus saya kerjakan sambil menghemat tenaga dan tetap menemani anak saya beraktivitas.

Ada kalanya saya cukup lelah sehingga meminta adik ipar untuk membeli lauk untuk berbuka, mengajak suami makan di luar rumah, maupun memasak yang praktis. Nah buat Ibu-ibu yang juga suka dengan menu yang praktis, saya mau berbagi resep ya. Ini adalah nasi goreng sarden yang saya buat minggu lalu, terinspirasi dari salah satu makanan yang saya coba saat di Bangkok, yaitu nasi goreng sarden. Bikinnya sangat praktis dan hemat waktu. Rasanya? Sedaaap sekali.

Baca juga : 9 Makanan Yang Wajib Kamu Coba Saat Ke Bangkok

Untuk membuat nasi goreng sarden ini kita hanya membutuhkan sekaleng sarden instan beserta bumbu lainnya, mau tau apa saja? Ini dia 🙂

IMG_20170530_172022

Bahan Memasak 

  1. Sekaleng sarden (rasa sesuai selera)
  2. 3 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. Bawang daun secukupnya
  5. Minyak untuk menumis
  6. 1 butir telur
  7. Sepiring nasi

Cara Memasak

  1. Iris bawang merah, bawang putih dan bawang daun
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih di wajan berisi minyak sayur
  3. Setelah tercium harum bawang, tambahkan telur dan orak arik
  4. Tuang seluruh isi di kaleng sarden, aduk rata
  5. Tunggu hingga cairan dari sarden agak surut baru masukkan nasi, goreng hingga semua bumbu meresap
  6. Masukkan irisan bawang daun di akhir agar masih fresh ketika dimakan
  7. Setelah matang sajikan, taburi Bon Cabe teri bila perlu

Untuk memasak nasi goreng sarden ini saya tidak menambahkan garam atau penyedap rasa lainnya karena sarden-nya sudah membumbui semuanya. Rasanya enak banget lho! kalau biasanya saat buka saya ngemil dulu, saat masak ini saya langsung ambil piring dan makan dengan lahap. Oia saya tambahkan Bon Cabe teri karena saya suka varian ini plus nasi goreng sardennya tidak terasa pedas, bisa juga dengan memberi irisan cabe rawit ya. Aisya juga suka nasi goreng-nya 🙂 Alhamdulillah.

Yuk Mam, yang mau masak praktis untuk berbuka coba resep ini.

 

 

 

2 Comments Add yours

  1. Lia Harahap says:

    Saya mau ganti sardennya dengan tuna kalengan bisa kan ya, Mbak? 🙂

    1. Aku belum pernah mba Lia,, mgk bs tp harus ditambah bumbu lainnya ya. Kan kalau pakai sarden, kuah sarden-nya otomatis jd bumbunya 🙂 selamat mencoba yaa mba

Leave a Reply

