Sayur Pecel Rumahan

IMG_20171014_111434

Menghidangkan makanan yang sehat, enak dan praktis adalah prioritas kebanyakan Ibu-ibu. Kenapa? Karena seorang Ibu memiliki sederet to-do-list yang harus diselesaikan, dan hidangan yang bergizi juga praktis will save more time 😊

Nah, di jum’at ceria ini saya mau berbagi resep Sayur Pecel Rumahan yang bisa dibuat di rumah. Sayurannya tinggal dicemplungin aja ke panci berisi air yang sudah mendidih.

Tapi sebelumnya, saya mau sharing memori masa kecil saya tentang pecel sayur ini ya.

Saat kecil dulu, ada pedagang pecel keliling yang suka lewat di depan rumah. Saya dan teman-teman yang sedang bermain biasanya akan langsung menyerbu Ibu yang membawa tampah di kepala bak model ini. Kalau dipikir-pikir, keren banget ya, tampah berisi aneka sayuran itu tidak tumpah.

Ibu berkebaya dengan rambut yang digelung ke belakang ini menata sayuran di atas kerupuk berwarna kuning dan mengguyurnya dengan sambal pecel. Hmmmm, enak!

Pas kecil sih belum nyadar kalau pecel sayur ini termasuk hidangan yang healthy. Taunya sedap aja, kayaknya sih sambal pecelnya yang bikin lahap.

Baca juga : Tahu Bandung Bumbu Pecel

Ibu saya juga sering membuat pecel sayur di rumah, tapi sekarang tidak lagi. Semua sayurannya dikukus, dan setelah matang dihidangkan di piring besar dengan semangkok sambal pecel. Sayurannya antara lain, waluh, keciwis, tauge, sawi, dan kacang panjang.

Kakak ipar saya juga ternyata suka bikin sayur pecel ini di rumah. Kalau saya perhatikan, sayuran yang digunakan lebih sedikit dan sayurannya direbus.

Akhirnya saya ikutan bikin pecel sayur ini di rumah. Di antara sayuran berkuah yang saya suka buat, sayur pecel ini jadi selingan yang fresh dan fun.

Resepnya? Ini dia.

Resep Sayur Pecel Rumahan

IMG_20171014_111358

Alat dan Bahan :

  1. Wortel
  2. Tauge
  3. Kacang Panjang
  4. Pisau
  5. Talenan
  6. Panci
  7. Air

Cara Membuat :

  1. Kupas kulit wortel, iris-iris tipis
  2. Potong kacang panjang sebesar 1 ruas jari
  3. Cuci bersih wortel, kacang panjang dan tauge ini
  4. Didihkan air lalu masukkan semua sayuran
  5. Di mangkok terpisah, lumatkan bumbu pecel
  6. Jika sayuran sudah matang, angkat dan tiriskan. Kalau saya biasanya setengah matang saja agar sayurnya tidak terlihat layu
  7. Terakhir, hidangkan di atas piring dengan bumbu pecel

Saya biasanya memisahkan antara sayurannya dengan bumbu pecelnya. Jadi anggota keluarga yang mau mengambil bisa menentukkan porsinya sendiri. Dan saya lebih suka merebusnya karena menurut saya ini lebih praktis daripada mengkukus (baca : cucian piring lebih sedikit).

Suami saya sukaaa sekali sayur pecel ini. Ah andalan banget ini, ditambah ayam serundeng atau goreng Nila bakal lebih mantap!

Baca juga : Serundeng Suir Ayam

Yuk praktekan di rumah 😊

 

 

 

 

 

One thought on “Sayur Pecel Rumahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s