Nila Acar Kuning : Sedap & Simpel

IMG_20171110_144035_879

Ayah – panggilan saya untuk suami – baru saja kembali dari New Zealand. Selama menjalani Diklat kurang lebih 8 hari di negara yang suami bilang, “Bak surga dunia” ini, kami suka video call-an.

Selain bercerita betapa indah, hijau dan dinginnya suasana di Auckland, suami juga curhat kalau beliau kangen masakan Indonesia. Masakan Mami kali, Yah, hehe..

Setiap pagi, seorang chef berdarah Turki menyiapkan sarapan di apartemen tempat suami dan teman-temannya tinggal, siang pun mereka menyantap hidangkan dari kampus University Of Auckland. Namun menu yang disajikan tidak dibarengi dengan nasi.

Namanya orang Indonesia, belum kenyang kalau tidak makan nasiii hehehe.

Untuk menyambut kedatangan suami dan mengobati rasa rindunya, saya mulai browsing resep-resep yang Indonesia banget.

“Mau dimasakin apa, Yah?”, tanya saya via WA.

“Apa aja deh, yang penting nasi”, jawab suami singkat.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada Nila Acar Kuning. Suami saya penggemar ikan and back again, he said he didn’t find any fish in Aoteaora.

Aoteaora – Selandia Baru dalam bahasa Maori yang berarti ‘Tanah Awan Putih Panjang’.

Untuk memasak Nila Acar Kuning ini, bumbunya mudah banget ya. Ada satu bumbu yang tidak saya pakai dan diganti dengan santan. Rasanya tetap gurih kok.

Tertarik mencoba di rumah? tenang ini resepnya simpel, bikinnya ngga lama dan rasanya lezaaaaat banget!

Nila Acar Kuning – A Treat For My Hubby

Alat dan bahan :

  1. Ikan Nila ukuran besar, saya beli yang 1/2 kg isi 2 di warung
  2. Wortel 1 buah
  3. Timun 1 buah
  4. Santan Kara
  5. Bawang merah 6 siung
  6. Bawang putih 5 siung
  7. Lengkuas 2 ruas jari
  8. Jahe 1/2 ruas jari
  9. Kunyit 1/2 ruas jari
  10. Sere 1 batang
  11. Cengek 5 biji
  12. Gula, garam, merica, dan penyedap rasa sesuai selera
  13. Minyak untuk menggoreng ikan
  14. Minyak untuk menumis
  15. Coet dan mutu untuk mengulek bumbu
  16. Wajan dan spatula
  17. Piring saji

Cara Memasak :

  1. Cuci bersih ikan Nila lalu beri 2 sayatan panjang di sisi kanan dan kiri ikan agar bumbunya meresap ke dalam daging ikan.
  2. Lumuri ikan Nila dengan garam tipis-tipis, diamkan beberapa menit.
  3. Sambil menunggu, kita bisa mulai menyiapkan bumbu untuk dihaluskan.
  4. Siapkan coet dan mutu. Sejak dihibahi coet dan mutu oleh mertua, saya jadi lebih senang mengulek bumbu ketimbang menggilingnya dengan mincer. No special reason, senang aja 🙂 Pernah juga sih saya haluskan dulu bumbu-bumbu menggunakan mincer lalu memuluskannya kembali di coet.
  5. Bumbu yang perlu dihaluskan adalah bawang merah, bawang putih dan kunyit. Sementara lengkuas, jahe dan sere saya geprek saja.
  6. Pertama-tama tumbuk bawang merah, beri sedikit garam agar memudahkan saat diulek. Setelah cukup halus baru masukkan bawang putih, ulangi cara yang sama. Tambahkan kunyit dan haluskan ketiganya.
  7. Panaskan wajan berisi minyak dan goreng Nila dengan api sedang. Kalau suka yang garing, tunggu sampai bagian luar mulai berwarna kecoklatan. Saya sampai matang saja, karena suami kurang suka yang terlalu garing.
  8. Sambil menunggu ikan-nya matang, iris tipis 1 buah wortel yang sudah dikupas. Lanjutnya dengan mengiris tipis timun, jangan lupa sisihkan isinya yaa.
  9. Di wajan yang berbeda, tuang sedikit minyak untuk menumis. Saya jarang menggunakan minyak bekas menggoreng ikan untuk menggoreng lauk yang lain/menumis. Oleh karena itu, minyak yang saya pakai untuk menggoreng ikan secukupnya saja.
  10. Tumis bumbu halus beserta lengkuas, jahe, sere hingga cita rasanya keluar.
  11. Masukkan wortel dan timun, tumis sampai setengah matang.
  12. Tambahkan air, garam, gula, merica, penyedap rasa. Sesuaikan dengan selera ya Moms.
  13. Setelah kuahnya mendidih, masukan Nila, biarkan bumbu meresap.
  14. Kecilkan api, tambahkan santan kara 1-2 sendok makan. Aduk rata hingga kuahnya surut and all well cooked. 
  15. Tata Nila Acar Kuning yang sudah matang di piring, taburi cengek merah agar lebih meriah. Sajikan dengan nasi hangat.

Gimanaaa? simpel kan cara buatnya? hihi. Kalau di-list jadi banyak ya. Padahal pada prakeknya sih step-nya hanya ada tiga : goreng ikan, haluskan bumbu, lalu tumis semua bahan.

Sebetulnya ada satu bahan yang saya lupa, yaitu kemiri. Karena jarang menemui bumbu yang satu ini di dapur, saya pun luput mengikutsertakannya pada bumbu yang harus digerus.

But the coconut milk saved me.

Ikan Nila-nya juga bisa diganti dengan Gurame, Ikan Kembung, Ikan Mas, Mujair dan lain-lain.

Okey, thanks yaaa sudah sudi mampir. Kalau Mommy-mommy disini suka masak apa yang spesial buat suami? 🙂