Penne Carbonara With Grilled Salmon

IMG_20171207_161554

Whose agree with me that grocery shopping is really fun? Apalagi kalau lagi banyak diskon, pasti bikin tambah happy. Ya kan Moms? 🙂

Minggu ini saya belanja ke Superindo, tujuan utamanya adalah membeli fillet Salmon seharga Rp 21.706,- per 100 gram. Info diskon ini saya dapatkan dari situs harga-diskon.com 

Sebetulnya saya bukan pemburu diskon, suami saya yang lebih jeli membeli barang-barang dengan potongan harga yang lumayan. Dan saat ini, saya punya tetangga yang suka berbelanja ke supermarket ketika ada banyak promo. Setelah ngobrol dengan beliau, saya jadi sering membuka laman yang berisi info diskon di berbagai supermarket di atas.

Saya termasuk jarang belanja di supermartket, untuk kebutuhan harian saya biasa membeli di warung/tukang sayur yang lewat. Kecuali untuk beras, stock susu Aisya dan beberapa snack, saya suka beli di supermarket. Pas Ayahnya Aisya lagi di Bandung, jadi ada yang mengantar.

Minggu sebelumnya juga kami  membeli Ultra Mimi di Giant yang lagi cuci gudang. Alhamdulillah dapat se-pack susu dengan harga yang lebih murah. Ternyata asyik ya berburu barang-barang dengan harga miring seperti ini.

Tapi lihat-lihat juga sih, tidak perlu menyambangi satu supermartket ke supermarket lainnya hanya untuk memenuhi kepuasan membeli barang diskonan, sayang juga bensinnya kan.

Lebih baik memastikan dulu barang apa saja yang kita butuhkan, jika dari 5 item yang mau kita beli dan 3 di antaranya lagi diskon di satu supermarket, itu sudah untung (menurut saya).

Nah, setelah menghemat beberapa rupiah di Superindo, saya pulang untuk memasak Salmon untuk makan siang.

Dibikin apa? yang simpel aja.

Curhat dikit ya. Sewaktu Aisya bayi, saya tidak membuatkannya berbagai macam Mpasi. Kenapa? karena Aisya sempat mengalami eksim sejak usia 7 bulan hingga 2 tahun. Dokter mengatakan kalau eksim-nya Aisya ini tidak disebabkan oleh ASI. Meski begitu, tiap diperkenalkan pada menu yang baru, Aisya pasti muncul gatal-gatalnya. Akhirnya, saya sering memberinya menu yang monoton agar gatal-gatal di sekitar kaki dan telapak tangannya tidak kambuh.

Baca juga : Home Treatment Untuk Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Alhamdulillah setelah usia Aisya 2 tahun, eksimnya tidak muncul lagi. Dokter memang mengatakan kalau eksim ini akan hilang sendirinya di usia 2 tahun atau 6 tahun.

Sejak saat itu, saya mulai rajin menyediakan berbagai masakan dan kudapan untuk Aisya. Lega rasanya, saya bisa menyuapinya tanpa mengkhawatirnya akan eksimnya.

Ditambah, menginjak usia 3 tahun, Aisya makannya lebih lahap. Jadi makin senang deh saya.

Dulu, agak takut memberi Aisya ikan Salmon. Nah, sekarang pas dicoba gimana? Aisya suka ngga? kita bahas di akhir yaa. Sekarang mau share resep dulu.

Penne Carbonara With Grilled Salmon

Saya menggunakan Penne, karena belum pernah mengolah pasta jenis ini. Biasanya saya memakai Fusilli, Macaroni dan Spaghetti. Ternyata enak juga lho!

Untuk membuat saus carbonara-nya, saya campurkan 1 butir telur dengan 1 cup susu UHT suhu ruang. Dan Salmonnya saya panggang dengan mentega di teflon saja. Berikut bahan dan cara memasaknya yaa.

Bahan-bahan :

  1. Pasta penne secukupnya
  2. Brokoli beberapa tangkai
  3. Salmon fillet
  4. Bawang putih 2 siung
  5. Bawang bombay setengah bulat
  6. Jeruk lemon 1 iris
  7. Mentega
  8. Telur 1 butir
  9. Susu UHT plain 1 cangkir
  10. Keju slice Chesdale
  11. Garam
  12. Merica
  13. Air untuk merebus pasta

Cara Memasak :

  1. Rebus air di dalam panci, setelah mendidih masukkan sejumput garam disusul Penne
  2. Iris brokoli tipis-tipis, cuci bersih lalu rebus sebentar
  3. Cuci bersih Salmon, beri sedikit perasan jeruk lemon, diamkan sebentar lalu cuci lagi dan bumbui dengan garam
  4. Dalam teflon, panggang Salmon hingga matang menggunakan mentega. Saya lebih suka memanggang hingga Salmonnya benar-benar matang dan bagian atasnya terlihat agak kecoklatan. Jika sudah matang, angkat lalu simpan di piring
  5. Dalam mangkok kecil, aduk rata 1 butir telur dan secangkir susu UHT plain
  6. Angkat penne dan brokoli yang sudah direbus hingga matang, lalu sisihkan
  7. Kupas dan cincang 2 siung bawang putih, iris juga bawang bombay
  8. Panaskan mentega dalam teflon yang sama (saya bilas dulu dengan air dulu), lalu tumislah bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  9. Masukkan penne, lalu tuangkan campuran telur dan susu, aduk rata
  10. Beri potongan keju slice. Saya pakai merk Chesdale, bisa juga menggunakan keju Quick Melt atau parutan keju Kraft biasa, aduk rata kembali
  11. Tambahkan brokoli, bumbui dengan garam, merica dan penyedap rasa bila perlu
  12. Cicipi, jika rasanya sudah pas di lidah kita bisa mematikan api
  13. Sajikan penne carbonara dengan salmon panggang di atasnya

Tips dari saya, beri garam sedikit saja, karena penambahan keju dalam saus carbonara sudah membuat pasta-nya berasa dan creamy. Seimbangkan dengan menambahkan merica agar tidak terlalu asin.

Rasanya gimana? wah enak banget deh. Ini pertama kalinya saya mencampurkan telur dan susu untuk membuat saus carbonara, biasanya saya menggunakan teknik yang lain seperti saat membuat saus Bechamel yaitu dengan mengkombinasikan mentenga dengan terigu dan susu. Terkadang rasa terigu-nya masih ketara sih.

Nah, ternyata dengan resep baru ini, rasanya lebih MANTAP! yummy-creamy-bikin kenyang deh. Apalagi ada rasa-rasa melted cheese dari keju slice Chedsale 🙂

Oia resep ini saya pelajari dari Chef Norman yang mengisi acara memasak di Net TV.

Sok mangga dicoba, Moms.

Oia Aisya kurang suka penne carbonara-nya, masih lebih suka Spaghetti Aglio-Olio. Tapi kalau penne-nya di-sop/ditumis sama wortel, brokoli dan baso Aisya suka kok.

Baca juga : 25 Mins Spaghetti Lasagna

Nah, untuk mensiasati agar Salmonnya tetap disantap oleh Aisya, saya ambil rumput laut lalu membuat sushi sederhana dengan membalut cuilan ikan salmon dengan nasi menggunakan nori. Makannya sambil dicocolin ke mayones.

Hmmm, LAHAAAP banget Aisya makannya. Nambah lagi, nambah lagi. Udah habis pun Aisya bilang, “Maaam, ayo bikin lagi”.

Ahaha, YES. Alhamdulillah Aisya suka Salmon!

 

 

7 thoughts on “Penne Carbonara With Grilled Salmon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s