TAMAN PINTAR YOGYAKARTA : Taman Anak Yang Edukatif, Asik, Murah Meriah

IMG_20180107_094010.jpg

Keluarga kami lebih suka berjalan-jalan di awal tahun, karena kerjaan suami relatif belum padat sehingga suami saya bisa mengambil cuti. Selanjutnya, untuk traveling, biasanya kami memanfaatkan hari kejepit nasional plus cuti beberapa hari di bulan-bulan lain.

Tapi pas ke Bangkok tahun lalu, suami ‘escape’ pas lagi peak month. Dan berimbas kami harus beli banyak oleh-oleh untuk dibagikan ke teman-teman di kantor haha.

Baca juga : 9 Makanan Yang Wajib Kamu Coba Saat Ke Bangkok

Berbeda dengan 2 tahun ke belakang, dimana kami berlibur ke Malaysia, tahun ini kami memilih untuk dolan santai ke Yogyakarta.

Been years didn’t visit Yogyakarta. The last time was with my colleagues, I remembered that we tried mercon setan at night and went shopping in Pasar Beringharjo haha. Yogya is always a call, just like Bandung, its a creative city ❤

Sama dulu banget sih, pas SMP study tour ke Yogya dan rasanya senang banget naik becak keliling keraton dan ke toko perak, waktu itu naik becak cuma Rp. 1000,-  sekarang tarifnya sudah Rp. 20.000-an ya.

Baca juga : DAY 2 #MalaysiaTrip : Awana Skyway Genting Highlands

Btw, ngomongin Malaysia jadi terselip rindu nih, bulan Januari itu di Kuala Lumpur lagi full of tourist. Jadi kami bisa ketemu sama banyak orang dari berbagai negara dan ngobrol sama mereka (sekalian ngelancarin bahasa inggris).

Semoga bisa ke Kuala Lumpur dan other part of Malaysia lagi deh tahun ini (selain destinasi wisata lainnya di wishlist yang sudah saya buat). Amiin.

Baca juga : Trip Seru Ke Langkawi

Okay, back to our trip to Yogyakarta. Kami sengaja mencoba naik kereta ekonomi kesana. Keretanya cukup nyaman, aman dan yang paling berkesan buat saya adalah kerjasama antar orang-orang yang berada di kereta itu jempolan banget.

Begitu sampai di stasiun Lempuyang Yogyakarta, kami langsung memesan grab menuju Ayaartta Hotel Malioboro. Insya Allah saya akan bikin review Hotel yang kami inapi selama 4 hari 3 malam ini ya. Buat sekarang, saya mau cerita tentang Taman Pintar, taman edukatif, asik dan murah meriah untuk anak.

Silakan disimak yaa Moms..

TAMAN PINTAR YOGYAKARTA :
Taman Anak Yang Edukatif, Asik Dan Murah Meriah

Taman yang terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta ini merupakan tempat rekreasi edukatif yang dibangun oleh Kementrian Pariwisata atas gagasan dari Walikota Yogyakarta Herry Zudianto SE, Akt, MM.

Taman ini dikelola oleh pemerintah, jadi pengurusnya ada PNS, pegawai tetap dan kontrak. Mungkin ini juga yang bikin Taman Pintar murah meriah.

Untuk masuk ke dalam, tidak dikenai biaya, kalau mau masuk wahana baru beli tiket. Tanpa masuk ke wahana berbayar pun, anak-anak sudah bisa main sepuasnya di beberapa area, seperti di Taman Air Menari, kemudian berbicara di pipa besar di depan PAUD Barat. area menabuh gendang dan area berpasir.

Aisya senang sekali bermain di Taman Pintar, terutama ke PAUD-nya. Sampai nagih lho! jadi kami kesini 2 kali.

Eits, tapi harus perhatikan jadwal buka-nya ya. Taman Pintar ini buka setiap hari namun hari SENIN TUTUP.

PAUD TIMUR & PAUD BARAT

Dua gedung PAUD ini dibangun atas kerjasama antara Sari Husada dan Taman Pintar. Untuk masuk ke PAUD Timur & PAUD Barat, kita harus membeli tiket seharga Rp. 3000,- per anak. Sebelum masuk, ada beberapa hal perlu kita perhatikan, antara lain :

  1. PAUD ini hanya boleh dimasuki oleh anak yang berusia 3-5 tahun
  2. Orang tua tidak boleh menemani anak di dalam PAUD & diminta menunggu di ruang tunggu
  3. Selama menunggu, para orang tua bisa melihat aktivitas anak melalui CCTV
  4. 1 tiket berlaku untuk melakukan aktivitas di dalam PAUD selama 30 menit, kalau times up dan anak kita masih ingin main bisa langsung beli tiket lagi saja
  5. Tidak diperkenankan mengambil foto di dalam ruangan

Sekarang, yuk kita bahas apa yang menarik di PAUD Timur & PAUD Barat.

Baca juga : Main Ke Belitung #GarudaPoin

Ada Apa Saja Di PAUD Timur?

 

Melalui CCTV, saya bisa melihat di PAUD Timur ini ada 5 ruangan, yaitu :

  1. Ruangan Robotik berisi 3 buah robot dimana anak-anak bisa mengamati pergerakan robotnya (sayangnya saat kami kesana sedang rusak)
  2. Ruangan ketangkasan, begini saya menyebutnya. Di ruangan ini terdapat beberapa matras berwarna hijau dan beberapa alat ketangkasan yang dilengkapi dengan TV
  3. Rumah Adat & Kereta Api. Di ruangan ini ada miniatur kota berisi berbagai rumah adat disertai dengan rel kereta api. Nah harusnya kereta api-nya berjalan mengitari rumah adatnya
  4. Ruang Musik. Di ruangan ini ada piano besar, saya lihat Aisya menginjak tuts-nya agar berbunyi, kemudian ada drum, bonang dan angklung yang boleh dimainkan
  5. Terakhir ada semacam aula besar yang dinamai ruang Seni Budaya. Di panggungnya Aisya bernyayi diiringi gitar

Keluar dari PAUD Timur Aisya menunjukkan gambar ini pada saya, rupanya ia sempat mewarna di ruang Seni Budaya 🙂

Ada Apa Saja Di PAUD Barat?

Aktivitas di PAUD Barat lebih menarik (menurut saya), apalagi sambil menunggu Aisya bermain, kami (para orang tua) mendapatkan seminar gratis mengenai “Menanamkan Gaya Hidup Holistik Pada Anak : Guna Memunculkan Yang Terbaik Pada Diri Anak” yang diadakan oleh Sari Husada.

Mudah-mudahan saya bisa sharing juga tentang program edukasi nutrisi ini ya. Next post, insya Allah.

Saya yang senang nih, dapat ilmu sambil nunggu anak 🙂

Nah, sambil mendengarkan pemateri saya juga sempat melihat CCTV disini dan melihat Aisya yang berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Kalau di PAUD Timur lebih banyak unsur science, disini ruangan-ruangannya berisi alat bermain yang lebih fun. PAUD Barat ini terdiri atas :

  1. Ruang Balok Susun, tempat anak kita bisa bermain lego dari ukuran kecil hingga besar (Aisya cukup anteng disini nih)
  2. Kota Miniapolitan Sari Husada. Disini Aisya naik pesawat dan belajar jadi pilot, lalu main dokter-dokteran, memasak di dapur, dan berkali-kali menaiki tangga lalu loncat ke matras besar. Ada semacam bengkel juga tempat anak bisa berlagak jadi montir
  3. Ruang Komputer pintar dimana anak diajak main game edukatif

Lebih sedikit ruangannya tapi Aisya betah berlama-lama disini, saya sampai beli tiket 3 kali.

Setelah puas bermain di PAUD, kami beranjak memasuki Gedung Oval – Kotak. Disini ada berbagai macam alat peraga science dan sejarah. Yuk take a look inside.

GEDUNG OVAL KOTAK

IMG_20180107_113443

Gedung ini adalah area paling besar di Taman Pintar, tiket masuknya Rp. 15.000,- per orang.

Ketika masuk kita akan melewati mini aquarium berisi ikan-ikan besar. Lalu disambut oleh hewan-hewan purbakala yang mengeluarkan bunyi. Saya tersandung kaget lho ketika Dinosaurusnya bergerak haha. Kepalanya itu bisa gerak dan mulutnya mangap. Jadi kaget kaaan!

Masuk lebih dalam, kita akan disuguhi foto-foto para penemu dan orang yang menorehkan sejarah seperti Pak BJ Habibie, Avicena, Phytagoras, dan lain-lain.

Selanjutnya ada zona-zona, seperti Zona Fisika, Zona Air, Zona Tata Surya, Zona Bagian-Bagian Tubuh, dan banyaaaak lagi. Saya kasih lihat foto-fotonya saja ya. Di Gedung ini mah kita boleh memotret.

Ada banyak ruangan, dan tidak saya foto semua. Yang bisa saya abadikan ada di album ini ya.

This slideshow requires JavaScript.

Seperti yang saya bilang, kami mengunjungi tempat ini 2 kali, yaitu hari Ahad dan Selasa. Di hari Selasa, selain main ke PAUD, Aisya dan Ayah juga naik perahu di sungai.

Masih ada beberapa wahana lainnya, kami tidak masuk ke semua wahana. Termasuk yang satu ini, saya hanya sempat memotret anak orang lain yang sedang naik mobil-mobilan, Area ini dilengkapi dengan halte dan rambu-rambu lho.

Sebetulnya pengen ajak Aisya belajar nyetir gini, tapi hari sudah siang, Kami harus kembali ke Hotel untuk check out.

And you know what? setelah kami tiba di Bandung, sampai hari ini pun Aisya terus bilang, “Aku mau ke Taman Pintar, Mami, Ayah”.

Berkesan banget nih kayaknya PAUD-nya.

Gimana, tertarik mengajak buah hati kesini ga Moms?

 

3 thoughts on “TAMAN PINTAR YOGYAKARTA : Taman Anak Yang Edukatif, Asik, Murah Meriah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s