Sambal Goreng Krecek – Pedas & Nagih

IMG_20180120_083937

Saya suka sambal goreng krecek yang ada di Gudeg Banda. Tapi hanya sesekali makan gudeg ini. Dan saya penasaran, gimana sih cara bikin sambal goreng yang enak ini?

Awalnya saya kira bikinnya rumit. Tapi ternyata mudah lho! Lihat resep ini deh Kokiku TV – Resep Sambal Goreng Krecek Gerry Girianza

Di resep tersebut kang Gerry menggunakan daging tetelan beserta kacang. Nah di resep saya, ngga pakai dua bahan itu.

Saya bikin versi sangat simpel-nya. Daging sapi-nya saya ganti dengan suiran daging ayam. Dan bumbu-bumbu lainnya. Just that.

Ini resep sambal goreng krecek ala Mami Jasmine yang merupakan modifikasi dari resep yang dibagikan di channel Kokiku TV ya.

Baca juga : Penne Carbonara With Grilled Salmon

Sambal Goreng Krecek Ala Mami Jasmine

Bahan :

  1. Sepotong daging ayam
  2. 2 bungkus kerupuk kulit
  3. 8 siung bawang merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 3 biji cabe merah
  6. 2 biji cengek
  7. 2 buah tomat
  8. 4 iris lengkuas
  9. 2 helai daun jeruk
  10. 1 batang serai
  11. Secuil gula merah
  12. 1/2 sdt gula putih
  13. garam dan penyedap rasa secukupnya
  14. Air mineral secukupnya juga
  15. Minyak untuk menumis
  16. 1 sdm santai kental (saya pakai Kara)

Cara Memasak :

  1. Pertama nih, saya pakai ayam yang sudah diungkep. Saya ambil 1 potong saja dari 1 kg ayam yang sudah saya ungkep dan siap digoreng kemudian saya suir-suir.
  2. Kupas dan cuci bersih bawang merah, bawang putih, dan jahe. Untuk lengkuas, daun jeruk, serai, cabe, tomat dan cengek tidak perlu dikupas ya. Langsung dicuci bersih saja.
  3. Iris bawang merah, bawang putih, tomat, cabe dan cengek menjadi dua bagian lalu haluskan menggunakan mincer.
  4. Sayat-sayat/geprek irisan lengkuas dan serai
  5. Nyalakan api dalam kompor, tuang minyak sedikit saja lalu tumis semua bahan halus disusul bahan-bahan pada no.4.
  6. Tambahkan daun jeruk.
  7. Tumis hingga harum dan matang, kemudian tambahkan air secukupnya. Aduk-aduk hingga air mendidih
  8. Beri garam, gula (merah dan putih) dan penyedap rasa bila perlu.
  9. Setelah itu masukkan ayam yang sudah disuir.
  10. Aduk rata, cicipi. Jika rasanya sudah cukup mantap di lidah, kita bisa menambahkan kerupuk kulitnya.
  11. Langsung masukkan kerupuk kulit ke dalam tumisan, aduk-aduk hingga semua terendam dan melunak.
  12. Terakhir beri 1 sdm santan kental, aduk rata dengan api kecil.
  13. Jika semua sudah tercampur rata, terasa enak dan matang sempurna, kita bisa mematikan api dan menyajikan sambal goreng krecek di dalam piring/mangkok.

Hmm, sambal goreng krecek perdana yang saya buat ini rasanya enaaak banget! Nagih lah pokoknya. Suami saya yang lagi serak pun sampai bekal sambal goreng krecek untuk brunch di mobil. Padahal paginya sudah sarapan dengan kari ayam.

Kalau saya dari pertama bikin sampai esok paginya masih terus makan inii. Rasanya enak dimakan sama nasi doang, maupun disantap bareng telor ceplok. Lebih mantap saat menjadi pelengkap kari ayam sih 🙂

Baca juga : Nila Acar Kuning – Sedap & Simpel

Oia, di resep yang saya tonton, Kang Gerry tidak menggunakan tomat ya. Saya pakai 2 buah tomat disini supaya mengimbangi rasa pedes dari 2 biji cabe rawit yang ikut saya haluskan. Buat lidah saya, rasanya pas.

Trus, saya juga tidak merebus cabe merahnya, karena tanpa direbus pun warnanya sudah merah merona sih ketika sudah jadi. Saya juga tidak menambahkan terasi juga daun salam pada resep saya.

Sambal goreng krecek buatan saya ini tidak terlalu pedas, enak dan bikin nagih. Senang banget setelah tahu cara masaknya yang ternyata ga ribet. Tinggal dimasukkan ke mincer (bisa juga pakai blender ya) lalu tumis. Kerupuk kulitnya pun saya beli yang ada di warung. Bukan yang ber-merk ko.

Besok-besok bisa eksekusi lagi. Yeaaay!

Baca juga : Serundeng Suir Ayam

By the way, selain sambah goreng krecek, saya juga suka sambal tempe orek. Itu lho bawang putih, cengek plus tempe yang sudah digoreng diulek bareng. Tambahin garam dikit yaa. Sambal matah dan sambal biasa juga suka 🙂

Kalau Ibu-ibu suka sambal apa? suka sambal goreng krecek juga ngga?

6 thoughts on “Sambal Goreng Krecek – Pedas & Nagih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s