Rainbow Rice Craft #sensoryplay

IMG_20180312_132637

Sejak Aisya sekolah, kami mulai jarang bikin karya di rumah. Saya pikir kegiatan berkarya sudah cukup dilakukan di Kober. Sehingga, pulangnya Aisya bisa bermain sepuasnya bersama teman atau main apa saja di rumah.

Main apa? apa saja. Petak umpet, main bola, masak-masakan, dokter-dokteran, bengkel-bengkelan. Main puzzle, nyanyi, nari, kemah-kemahan dan masih banyak lagi.

Tentang bermain, I personally think that, anak-anak lebih sehat ketika bermain dengan sesama anak-anak. Namun ada kalanya Aisya juga bermain dengan teman yang lebih dewasa. Juga main sama Mami, Ayah serta kakek neneknya.

Terpenting buat saya, tetap didampingi saat bermain. Atau pastikan teman mainnya baik, aura-nya positif dan tidak memberi pengaruh buruk. Kalau kebawa-kebawa tentunya perlu difilter yaa sama kita (sebagai Ibunya).

Sebetulnya di rumah Aisya masih suka menggunting, menempel, menggambar dan mewarnai. Oia sekarang ia sedang gemar menulis huruf dan angka! I guess that’s whats also keep her busy 🙂

Baca juga : THINGS I ENJOY DOING WITH MY DAUGHTER

Okay, kembali ke bikinan. Senin ini kami mencoba bikin karya lagi. Aaand that’s feel good. Berasa sudah menerapkan home education aja, haha.

Kalil ini kami bikin rainbow rice. Warnanya macam-macam, jadi meskipun ga jadi mejikuhibiniu, saya sebut beras pelangi saja supaya mudah. Bikinnya mudah kok, yang jelas harus siap lihat beras-beras berserakan dan me-lap food coloring yang tidak sengaja jatuh ke lantai.

Yap! salah satu rule sebelum bikin karya adalah Sang Ibu harus SIAP dengan segala konsekuensi. Kalau saya bikin area dulu yang boleh dijadikan tempat bereksperimen, yaitu di dekat taman belakang. Catatannya, berasnya tidak boleh loncat ke rumput sintesis. Itu aturan yang saya sampaikan pada Aisya.

Pada saat mewarnai, saya alasi mangkuk-mangkuk dan mainan masak-masakan Aisya menggunakan flyer dari supermarket. Tujuannya, meminimalisir kemungkinan lantai kotor. Antisipasi saja, pada kenyataannya kemana-mana juga pewarnanya.

Okay, eksperimen dengan pewarna makanan ini sudah pernah dilakukan Aisya dan Ayahnya saat mereka membuat homemade playdough. Berhubung kami baru membeli pewarna baru dan saya lagi harus cuci piring pagi itu, saya ajak Aisya bikin rainbow rice. 

Aisya yang baru selesai sarapan dan masih dalam kostum tidurnya langsung antusias mengikuti saya ke dapur. Singkat cerita, saya sediakan alat dan bahannya, dan mempersilakan Aisya mencampur-campur warna sendiri. Setelah cucian piring rampung, baru saya nimbrung.

Melalui aktivitas ini, saya ingin Aisya melihat perubahan warna yang terjadi ketika mencampurkan pewarna yang berbeda dengan beras. Kemudian meminta ia mengamati apa yang terjadi jika dua atau lebih pewarna digabung.

Baca juga : Banana Oat Pancake Made By Aisya #DIYPOPUPBOOK

Rainbow Rice As Sensory Play

Bermain beras pelangi seperti ini juga masuk kategori sensory play ya Moms. Manfaat #sensoryplay banyak, diantaranya :

  • Melatih Perkembangan Otak. Semakin banyak informasi/pengalaman yang diberikan, semakin lengkap dan banyak bank data yang tersimpan dalam otak. Stimulasi ini membuat cara kerja otak semakin aktif.
  • Melatih Regulasi Diri. Tujuan yang diharapkan adalah menempatkan anak pada just right state, dimana anak pada level ini lebih tenang dan siap utk menerima stimulasi.
  • Meningkatkan Bonding. Ketika orang tua menemani dan bermain bersama anak, saat itu pula orang tua sendang membangun ikatan batin dan kedekatan bersama buah hati.
  • Membantu Berbagai Perkembangan : bahasa, motorik halus kasar, kognitif, sosial emosional, dan kreativitas.

(Sumber : http://elhanalearningkit.com/manfaat-sensory-play-untuk-balita)

Alat Dan Bahan Bikin Rainbow Rice

IMG_20180312_101127

Tanpa basa-basi lagi, saya akan share alat dan bahan bikin rainbow rice yang saya yakin sudah familiar ini yaa.

What To Prepare :

  1. Beras secukupnya
  2. Pewarna makanan
  3. Mangkuk dan sendok untuk mengaduk beras dan pewarnanya

Step To Make It :

  1. Pertama, saya minta ambil mengambil beras secukupnya. Kenapa tidak boleh banyak-banyak? karena beras itu fungsi utamanya untuk dimakan. Dimasak jadi nasi. We have to use it wisely 🙂
  2. Beras yang sudah dimasukan ke mangkuk, lalu dituangkan ke panci kecil berwarna pink. Ceritanya Aisya lagi menggoreng nasi.
  3. Saya minta Aisya mengambil satu botol kecil pewarna makanan dan meneteskan sedikit-sedikit agar perubahan warnanya bisa diamati. Jika Aisya ingin warnanya lebih pekat, boleh ditambahkan lagi.
  4. Pertama, Aisya menggunakan warna pink, lalu kuning, hijau dan terakhir mencampurkan semua warnanya.

Aisya berhasil membuat lima campuran warna yang wujudnya menjadi : beras kuning, beras pin, beras hijau, beras pelangi dan beras butek. Butek? haha, I pick this word karena Aisya mencampur semua warna dengan cukup banyak sehingga berasnya berwarna kecoklatan.

Satu tambahan beras oranye, itu saya yang mencampurkan warna kuning dan merah. Untuk beras pelangi cantik, kami dapatkan dengan mencampur beras pink, kuning dan hijau jadi satu.

Baca juga : DIY KARTU ANGKA

What Can We Make From Rainbow Rice?

This slideshow requires JavaScript.

Puas memandangi cantiknya beras warna warni ini, saya kepikiran untuk bikin craft. Sayang kan kalau ujung-ujungnya dibuang, sebaiknya dimanfaatkan saja.

Kebetulan kami membuat wadah dari kotak yang kedua sisinya sudah ditempeli stik es krim, sementara dua sisi lainnya masih polos. Aha! munculah ide untuk mendekorasi sisi-sisi tersebut dengan beras pelangi.

Selain kotak ini, ada beberapa lagi kreasi kami dengan beras pelangi.

Here it is :

Kotak Pelangi

Caranya lagi-lagi mudah. Hanya butuh rainbow rice dan lem fox (lem yang ada di rumah).

Aisya ambil satu stik es krim dan mengoleskan lem fox ke sisi yang mau ditempeli rainbow rice, kemudian menaburkan beras-berasnya. Step by step-nya bisa dilihat di galery ya.

Gimana cantik kan kotak pelanginya? bisa dipakai untuk menyimpan gunting, atau jarum pentul, juga tempat menampung beras pelangi-nya.

Hiasan Gelas Pelangi

IMG_20180312_184850_742

Kami ambil gelas hiasan yang seharusnya jadi tempat lilin, but the candle was long gone. Lalu Aisya tuangkan rainbow rice-nya ke dalam gelas mungil ini. Ia sematkan setangkai tanaman dan dipajang di rak buku. Looks pretty lah 🙂

Pohon Pelangi

IMG_20180313_214147

Yang ini, kami menepelkan rainbow rice-nya di sketch book. Pertama, saya gambar dulu pohonnya, Aisya beri lem fox dan menaburkan beras pelanginya. Diamkan beberapa saat, dan jadilah pohon pelangi.

Nasi Goreng Pelangi

IMG_20180313_100025

Same with making pohon pelangi, hanya yang ini bentuknya semacam boboko berisi beras pelangi. Kami namakan nasi goreng pelangi.

Bunga Pelangi

IMG_20180314_083602

Last, ini bunga pelangi! tanaman berwarna hijau yang berbunga pelangi.

Baca juga : DIY TUMBLR LAMP Made By Aisya

Semua rainbow rice craft ini bisa dipajang loh. Untuk sketch book juga bisa kita ambil, laminating dan simpan di rak/di atas lemari/floating shelves/dekat TV sebagai hiasan. Pasti bakal bikin suasana rumah lebih colorful deh!

As for me, ntah kenapa lihat-lihat pelangi seperti ini bikin mood jadi happier lho.

Ada yang pernah bikin rainbow rice craft juga? bikin apa aja nih? yuk share di komen yaaa Moms 🙂

Makasi yaa sudah mampir, semoga postingan ini bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

9 thoughts on “Rainbow Rice Craft #sensoryplay

  1. Glentina Pasaribu says:

    Saya belum pernah bikin rainbow rice craft.
    Wahh lucu juga ya. Melatih kesabaran anak2 juga nih.
    Nempelin berasnya satu-satu kan butuh kesabaran.

    Thanks for sharing ya Mbak.
    Mau coba bikin ahh di rumah (“,)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s