Simple Ramadan Decoration

Screenshot (51)
Have I told you that I’m pretty excited this Ramadan?
Selain buku antologi cerita anak saya yang akan terbit di Ramadan ini, bulan suci ini juga saya lebih bersemangat untuk mengenalkan Ramadan pada Aisya.

“Bagi siapa puasa saat bulan Ramadan
karena iman dan mengharap pahala dari Allah
maka dosa masa lalu akan diampuni”

[HR. Bukhari]

We started by decorating our home to heat up the Ramadan vibes. To remind everyone in the house that this is a month of joyful and blessing, we pick “Happy Ramadan” rather than other sentence.

Kemudian saya memilihkan buku bacaan bernuansa Ramadan pada Aisya dan berniat untuk mengikutkan Aisya pada sanlat anak. Pelaksanaannya hanya seminggu kok di Masjid dekat rumah, semoga Aisya semangat ya! Ia bilang ingin ngaji pakai mic di Masjid.

Oia, bahas dikit buku mayor pertama saya ya, judulnya Semarak Idul Fitri. Buku anak edukatif ini berisi cerita tentang perayaan Idul Fitri yang menarik, unik dan berbeda-beda di 20 negara. Lengkap dengan fakta unik dan game aktivitas menjadikan buku terbitan Ziyad ini pilihan yang pas untuk menemani hari-hari menuju lebaran atau saat mudik.

Saya sempat posting ulasan dan promo-nya minggu lalu. Sekarang masa PO sudah berakhir, tapi buat Ibu-ibu yang mau baca review-nya boleh banget dong.

Silakan mampir ke : Buku Anak Edukatif – Semarak Idul Fitri Di 5 Benua 20 Negara

Okay sekarang lanjut ke dekorasi Ramadan di rumah kami. It’s very very simple.

Ada beberapa hiasan yang kami buat, diantaranya :

  • “Happy Ramadan” Greeting
  • Gantungan Bintang – Bulan dan Matahari
  • A Picture Of Us Doing Umroh

Sekarang saya mau perlihatkan foto dan berbagi cerita cara membuatnya ya 🙂

“HAPPY RAMADAN” GREETING

Screenshot (49)

Happy Ramadan greeting terdiri atas 12 huruf yang saya tulis dalam potongan skecth book lalu ditempelkan ke kertas lipat. Sketch book dan kertas lipat ini pemberian dari tante-nya Aisya yang sudah tidak dipakai lagi.

Nah, untuk membuat kartu-kartu huruf ini, kami hanya membutuhkan alat dan bahan di bawah ini.

Alat dan Bahan :

  1. Sketch Book 1 lembar, bisa juga menggunakan buku gambar/karton.
  2. Kertas lipat berbagai warna, ukuran sedang.
  3. Spidol boardmaker warna biru. hijau, merah, dan hitam.
  4. Selotip kertas, saya pakai yang warna krem.
  5. Benang wol warna pink mix putih.
  6. Gunting bergerigi.
  7. Double tip.

Cara Membuat :

  1. Potong sketch book berbentuk persegi panjang. Usahakan agar ukurannya sama, mungil tapi muat untuk menulis huruf. Untuk memotong kertasnya, saya pakai gunting bergerigi.
  2. Tulis huruf, saya menggunakan spidol boardmaker warna-warni agar tulisannya terlihat jelas.
  3. Tempelkan ke kertas lipat, rekatkan dengan double tip. Dengan posisi, kertas lipat seperti ketupat.
  4. Lipat ujung atas kertas lipat yang berbentuk segitiga ke belakang.
  5. Gantungan di benang wol yang sudah digunting dan ditempelkan ke dinding dengan selotip kertas. Lalu tata hingga terlihat proporsional.

Gimana, simpel, hemat dan lumayan kece kan?

Gantungan Bintang – Bulan – Matahari

Setelah kami memasang ucapan “Happy Ramadan”, hari Jum’at Aisya tiba-tiba mengajak saya membuat bintang-bintang seperti yang ia lakukan di sekolah.

Aha! langsung saja kami bikin hiasan lagi. Dalam membuat gantungan ini kami menggunakan cetakan roti agar bentuknya bisa bagus. Let’s move to the step.

Alat dan Bahan :

  1. Kertas lipat ukuran sedang dan besar.
  2. Cetakan roti.
  3. Pensil untuk menggambar.
  4. Gunting bergerigi dan gunting biasa.
  5. Benang wol warna pink mix putih dan putih.
  6. Selotip kertas untuk menempelkan bintang, bulan dan matahari ke benang wol.

Cara Membuat :

  1. Lipat kertas menjadi 4 bagian dengan ukuran yang sama.
  2. Taruh cetakan roti di atas kertas, kemudian mulailah menggambar menggunakan pensil.
  3. Setelah beres menggambar, gunting kertas lipatnya. Tadaaa! langsung dapat 4 bentuk yang ukurannya hampir sama. Saya pakai gunting bergerigi agar lebih nyeni.
  4. Ambil sehelai benang wol, rekatkan bintang, bulan dan matahari dengan selotip kertas ke benang wol.
  5. Terakhir gantungan di tempat yang eye catchy.

Saya memilih untuk menggantungkannya di rak buku Aisya yang berada di ruang keluarga, karena ruangan ini tempat kami paling sering bercengkrama. Ditambah background rak yang berwarna putih, bintang – bulan – mataharinya jadi lebih terlihat cantik.

Kami membuat 2 gantungan, yang satunya lagi lebih panjang. Awalnya mau kami gantung di atas TV, tapi untuk sementara saya gantung dulu di pintu kaca geser. Fyi, rumah saya memadukan dua cat, abu dan putih. Mengadopsi desain scandinavian home ceritanya, hihi.

Baca juga : TAMAN MUNGIL AISYA #SCANDINAVIANHOME

A Picture Of Us Doing Umroh

Screenshot (44)

Umroh-nya belum, memvisualisasikan saja dulu. Hopefully segera ya! Amiin.

Ini adalah gambar  yang kami buat tahun lalu. Saya cukup memasukkan ke dalam bingkai foto dan memajangnya di atas rak buku.

A picture of us doing umroh ini melengkapi dekorasi Ramadan kami. Isn’t it looks sweet?

Alright, kalau Ibu-ibu solihah pada bikin hiasan apa aja nih untuk menghidupkan suasana Ramadan di rumah? Ceritakan dong, siapa tahu saya mau nambah-nambah dekorasi di rumah.

Satu lagi, terimakasih yaa sudah mampir. Happy Ramadan!

 

4 thoughts on “Simple Ramadan Decoration

Leave a comment