MY RAMADAN BOOK COLLECTION

DSC_0965

Ramadan ini, saya mengoleksi beberapa buku untuk dibacakan pada Aisya. Tujuannya untuk mengenalkan tentang bulan Ramadan dan aktivitas apa saja yang dilakukan di bulan suci ini melalui cerita.

Ini adalah 5 buku yang menjadi pilihan saya, 4 buku cerita dan 1 buku aktivitas. Harusnya postingan ini muncul di awal bulan, namun karena ada 2 buku yang masih saya tunggu jadinya diakhirkan reviewnya.

Alhamdulillah, karena sudah lengkap, saya akan mulai me-review satu per satu ya. Selamat menyimak!

RAMADAN MOON

DSC_0969

Ini adalah buku yang datang paling akhir (kemarin), sempat bimbang untuk membeli karena pertimbangan waktu, namun setelah menonton real aloud Ramadan Moon di youtube, saya langsung pesan karya Na’ima B Robert ini melalui periplus.com

Estimasi waktu pengirimanya 10-20 hari karena dikirim langsung dari LN, Alhamdulillah setelah 13 hari menanti, bukunya datang juga. I’m beyond happy! 

Malamnya langsung saya bacakan untuk Aisya sebelum tidur. Cerita di dalamnya berima, ilustrasinya unik dan isinya baguuus banget. Menggambarkan suasana Ramadan dengan indah.

Coba baca ini deh, so right, kaaan?

During the day we keep busy
With all sorts of good deeds
Our voices flow with the words of God
In unplanned harmonies
We look for things to give away
Collect money for charity
Be kind and caring and polite
Try hard not to get angry

CERIA RAMADAN DI 5 BENUA 25 NEGARA

Dua orang teman saya menyumbangkan cerita mereka di antologi cerita anak terbitan Ziyad ini. Yaitu cerita Dery (Iie) dari Swedia dan teh Riana dari Spanyol. Di dalamnya ada cerita tentang anak-anak yang melaksanakan shaum di negara asal mereka. Waktu shaumnya berbeda-beda, perasaannya juga beda-beda.

Baca juga : CERITA IIE : RAMADAN, MELAHIRKAN DAN KULIAH GRATIS DI SWEDIA

Ada yang merasa sendirian karena teman-teman yang lain tidak ikut shaum (tidak seperti di Indonesia). Ada yang melakukan siesta (tidur siang) untuk istirahat di hari yang panas. Tradisi di awal Ramadannya juga beragam.

Aisya paling suka cerita Maeno Kun dari Jepang yang shaum untuk pertama kalinya. Ia dibangunkan oleh kakaknya, Sakura untuk sahur dan mereka tidak boleh berisik agar tidak menganggu tetangga. Maeno juga tetap berbagi susu dengan teman-temannya di sekolah meski ia berpuasa.

Ketika sensei mengkhawatirkannya, ia bilang tidak apa-apa. Lucunya banyak juga teman-teman Maeno yang bertanya, “Maeno, puasa sakit atau tidak?”, “Maeno, puasa lapar atau tidak?”

Tinggal di Indonesia membuat saya bersyukur karena hampir semua orang disini berpuasa dan jam puasanya pun cenderung lebih pendek daripada sahabat saya yang tinggal di Jepang.

Baca juga : ANAK ADALAH HAK PREROGATIF ALLAH – TEH RIANA

Saya memilih buku ini karena dalam satu buku ada banyak cerita. Ceritanya panjang-panjang (bukan pic-book), jadi saya ringkas lagi saat membacakan untuk Aisya.

BUKU AKTIVITAS RAMADAN WIPE AND CLEAN

DSC_0966

Aisya suka mengerjakan buku aktivitas, jadi begitu Amalia Kartika woro-woro mau me-launch buku wipe and clean, saya langsung daftar untuk jadi resellernya. Biar dapat potongan harga buat pribadi dan sekalian ikut menjualkan.

 

Di dalamnya ada 44 halaman, saking senangnya Aisya rampung menyelesaikan berbagai aktivitas di buku ini dalam beberapa hari. Untung bisa dihapus dan dikerjakan ulang.

Aktivitas di buku ini antara lain menepelkan stiker, menebalkan huruf, mencari perbedaan, mencari huruf hijaiyah yang hilang, menghias kerudung, mencocokan gambar dan kata, dan masih ada yang lainnya juga.

GOING TO MECCA

DSC_0974

Berhubung Pak Aki, nenek, dan Uu-nya Aisya berangkat umroh di Ramadan ini, saya terpikir untuk menjelaskan apa itu umroh dan ngapain aja di Mekah melalui buku Gointg To Mecca yang juga  karya Na’ima B Robert.

Pas banget lagi ada Ramadan Pre-Sale yang potongannya lumayan besar di Littetree.library, langsung deh saya beli buku ini.

Kenapa ga memilih yang We’re Off To Make Umroh? supaya sekalian saja sih. Saya bisa menjelaskan kalau saat umroh, ada beberapa kegiatan yang tidak dilakukan seperti saat berhaji. Dan saya juga menyiapkan buku ini untuk dibacakan lagi saat menyambut Idul Adha nanti.

Setelah dibacakan buku ini, Aisya antusias nanya-nanya sama Pak Aki sebelum berangkat umroh.

“Nanti Pak Aki pakai kain ihrom ngga?”

“Nanti Pak Aki bakal digundulin lho! Tapi kalau yang perempuan ngga, dipotong aja rambutnya sedikit.”

“Pak Aki, nanti di kabah ada batu. Namanya hajar aswad, nanti dicium sama Pak Aki.”

Ucap Aisya bikin Aki-nya gemas dan balik nanya, “Kok Aisya tahu?”

“Dari bukuuuu!” jawab Aisya.

Ya Allah semoga saya bisa terbang ke Mekah juga ya Amiin.

SEMARAK IDUL FITRI FI 5 BENUA 20 NEGARA

IMG_20180529_120801_188

Nah, this book is very special to me, karena salah satu naskah yang saya tulis ada di buku ini! Koleksi buku Ramadan saya lebih lengkap dengan cerita Idul Fitri dari berbagai negara ini.

“Mami, Idul Fitri itu apa?” tanya Aisya. Saya jelaskan sesederhana mungkin, didukung cerita-cerita di buku ini. Selain cerita, ada fakta unik dan game aktivitasnya juga lho di Semarak Idul Fitri.

Review-nya sudah saya buat disini ya BUKU ANAK EDUKATIF – SEMARAK IDUL FITRI DI 5 BENUA 20 NEGARA silakan mampir.

Nah, ini sneak peak cerita yang saya tulis. Adabanyak cerita lain yang seru di bukunya.

Saya merasa asik lho menghidupkan suasana Ramadan melalui buku kemudian melakukan berbagai kegiatan bersama Aisya. These books help me to explain and also to remind me to be grateful and not to waste the time in this Ramadan.

Sekian reviewnya, kira-kira ada yang samaan dengan saya ngga koleksi buku Ramadannya?

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s